[RESENSI FILM] Pet Sematary: Yang Membekas Hanya Akting Jason

Wayan Diananto Jumat, 19 April 2019 15:00:55
Pet Sematary pernah dibuat pada 1989 oleh Mary Lambert. Naskahnya ditulis sendiri oleh Stephen King. (Paramount Pictures)

TABLOIDBINTANG.COM - Pet Sematary pernah dibuat pada 1989 oleh Mary Lambert. Naskahnya ditulis sendiri oleh Stephen King.

Dengan biaya produksi 11 juta dolar AS, film ini meraih 12 juta dolar AS pada akhir pekan pertama penayangan.

Tiga tahun berselang, jilid keduanya diproduksi tanpa Mary, Stephen, dan sejumlah pemain inti. Sekuel ini dihujani caci maki kritikus maupun pencinta film.

Dua puluh tujuh tahun berselang, Pet Sematary dibuat ulang. Hasilnya?

Mencoba setia pada kisah aslinya, Pet Sematary menampilkan pasutri Louis Creed (Jason) dan Rachel (Amy) yang pindah dari Boston, AS, ke Ludlow. Di Ludlow, mereka membeli rumah berikut hutan yang ada di belakangnya. Louis-Rachel membawa kedua anak mereka, Ellie (Jete) dan Gage (Hugo) serta kucing mereka, Church. Di hutan itu ada kuburan hewan. 

Suatu hari, Church ditemukan tewas. Tetangga mereka, Jud (John) menduga Church tewas ditabrak truk. Louis dan Jud mengubur Church di hutan. Keesokan harinya, Louis-Rachel memberi tahu Ellie bahwa Church pergi. Alangkah syoknya pasutri ini saat mendapati Church ada di lemari pakaian Ellie. Kebangkitan Church, awal tragedi di keluarga Louis.

Bagi Anda yang dibesarkan di dekade 1980 dan 1990-an, menonton Pet Sematary bagaikan menunggangi mesin nostalgia. Bisa jadi, Anda membandingkan versi 1989 dengan 2019. Lebih bagus mana, itu soal selera. Namun kami mendapati beberapa lubang pada naskah. Salah satunya, tokoh Victor Pascow (Obssa Ahmed), pasien yang mengalami cedera serius di kepala lalu mangkat. Louis gagal menyelamatkannya. Sejak itu, arwahnya membayangi dan memperingatkan Louis. 

Film Pet Sematary berhasil memperoleh 12 juta dolar dalam akhir pekan pertama penayangannya. (Paramount Pictures)
Film Pet Sematary berhasil memperoleh 12 juta dolar dalam akhir pekan pertama penayangannya. (Paramount Pictures)

Motivasi karakter ini kurang jelas. Begitu pula masa lalu Rachel. Lebih baik dijernihkan sekalian dengan konsekuensi menambah durasi atau dikurangi porsinya agar lebih fokus ke keluarga Louis. Cerita sampingan dimaksudkan agar film ini lebih berbobot. Kami merasa sebaliknya, mengganggu dan pengulangannya terasa membosankan. Belum lagi, akhir film ini mengecewakan. Satu-satunya yang membekas dari film ini, akting Jason yang ekspresif.

Pemain    : Jason Clarke, Amy Seimetz, John Lithgow, Jete Laurence, Hugo Lavoie
Produser    : Lorenzo di Bonaventura, Steven Schneider, Mark Vahradian
Sutradara    : Kevin Kolsch, Dennis Widmyer
Penulis        : Matt Greenberg, Jeff Buhler
Produksi    : Paramount Pictures
Durasi        : 1 jam, 41 menit

(wyn / gur)

Penulis Wayan Diananto
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.