Lagu Tema Tahun Ini: Kelam Malam (The Spouse)

Wayan Diananto | 30 Desember 2017 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di kesunyian malam ini

Ku datang menghampiri

Dirimu yang pernah berjanji

Sehidup dan semati

Ku ingin bersama, berbaring di dadamu

Lupakan khianat yang lalu

Wajah siapa yang terlintas di benak Anda saat mendengar lagu “Kelam Malam”? Perempuan dengan rambut hitam panjang tergerai, yang tak mampu bicara, bangun, apalagi berdiri. Untuk berkomunikasi dengan anak-anak dan suaminya, ia menggoyangkan lonceng. Suatu malam, setelah membunyikan lonceng, ia berdiri tegak menghadap jendela kemudian ambruk dan meregang nyawa. Inilah awal bencana bagi keluarga Mawarni Suwono. Juga bencana bagi penonton.

Sebuah lagu tema semestinya mampu mengingatkan kita kepada filmnya. Meski kita hanya sekali menonton film itu. Meski film itu sudah berbulan-bulan lalu turun dari layar bioskop. “Kelam Malam” mampu menjalankan tugas berat itu.

Kecerdasan The Spouse tak hanya menciptakan melodi dan membawakan lirik. Perhatikan baik-baik lirik yang digurat oleh mereka. Pikirkan baik-baik, siapa yang datang menghampiri? Siapa yang berjanji sehidup semati? Lalu, siapa yang melakukan khianat? Untuk menjawab pertanyaan itu, Anda mesti mencocokan dengan saksama alur cerita yang dibuat Joko Anwar.

Semua ini menjadikan “Kelam Malam” nyanyian ringkas yang mampu merangkum seluruh peristiwa dalam film Pengabdi Setan. Ia membangun suasana wingit lewat susunan melodi yang terdengar kurang lazim di telinga kebanyakan orang. Dan lagi, cara menyanyi Aimee Saras membangkitkan aura muram, suram, dan seram.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait