Rekomendasi Takjil untuk Buka Puasa di Bulan Ramadan

Siti Adisya Kirana | 24 Maret 2023 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Umat muslim di dunia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Dan momen yang paling ditunggu tunggu saat Ramadan adalah buka puasa atau takjil. Banyak orang mempersiapkan berbagai menu lezat untuk berbuka puasa.

Takjil adalah istilah umum untuk kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa. Kata takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa. Kata tersebut berakar dari kata 'ajila dalam bahasa Arab yang memiliki arti menyegerakan, sehingga takjil bermakna perintah untuk menyegerakan untuk berbuka puasa.

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, ada menu takjil wajib di bulan Ramadan. Contohnya seperti takjil manis yang dihidangkan sebelum makanan utama yaitu kolak, gorengan, dan es buah.

Berikut enam rekomendasi takjil untuk buka puasa. Mana yang jadi takjil favoritmu?

1. KOLAK

Tidak heran lagi bukan saat bulan Ramadhan banyak sekali masyarakat yang menjual hidangan satu ini. Bisa disebut bahwa kolak merupakan hidangan yang identik dengan bulan suci Ramadhan.

Saat sore hari menjelang maghrib, kolak banyak sekali ditemukan di sekitar jalan untuk santapan saat buka puasa. Tidak hanya rasanya yang manis dan lezat, terdapat pisang, ubi, dan kolang-kaling di dalamnya. Makanan satu ini tidak lengkap rasanya jika tidak dihidangkan saat bulan puasa.

2. ES BUAH

Es buah merupakan salah satu minuman paling favorit untuk dihidangkan saat buka puasa.

Potongan buah segar, dipadu dengan sirup, susu, dan juga serutan es emang membuat rasa segar di tenggorokan.

Buka puasa memang paling enak pakai minuman manis, dingin, dan segar. Apa lagi kalau bukan es buah dengan isian yang sesuai dengan selera kamu. Kamu bisa memilih buah semangka, melon, apel, blewah, hingga kurma untuk isiannya.

3. BUBUR SUMSUM

Saat puasa selama 12 jam, pastinya kita sempat merasakan kelaparan karena harus menahan lapar dan haus. Untuk itu, bubur sumsum bisa menjadi takjil yang bisa langsung kamu santap saat berbuka puasa.

Hidangan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah ini sudah lama menjadi hidangan di kala berbuka puasa. Rasanya manis dan teksturnya sangat lembut. Tidak heran jika banyak sekali masyarakat yang menyukai takjil ini.

4. GORENGAN

Rasanya tidak lengkap jika tidak membeli makanan satu ini untuk berbuka puasa. Gorengan menjadi favorit utama saat berada di bulan Ramadhan karena rasanya yang gurih dan sedap.

Gorengan menjadi menu takjil yang mudah, praktis, ekonomis, enak, dan bikin nagih. Cocolan saus dan sambal membuat sensasi menyantap gorengan pun semakin lezat dan menggugah selera.

Banyak sekali jenis gorengan yang gampang ditemui saat bulan Ramadhan, seperti bakwan goreng, tahu goreng, tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, lumpia goreng dan lain lainnya.

5. KOLANG-KALING

Kolang-kaling termasuk hidangan berbuka puasa paling populer. Hidangan ini bisa dibuat dari beberapa bahan. Kolang-kaling adalah buah dari biji lontar yang sering dibuat menjadi minuman atau makanan.

Buah kecil ini berbentuk bulat, agak lonjong dan berwarna putih, teksturnya keras dan manis, namun ada juga buah yang rasanya ringan, asam dan pahit. 

Kolang-kaling bisa menjadi pilihanmu untuk sajian berbuka puasa nanti.

6. Kurma

Khasiat buah kurma penting untuk dipahami oleh umat muslim. Memakan buah kurma dalam jumlah ganjil saat berbuka puasa merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Makan kurma untuk berbuka puasa dapat mendatangkan berkah. Hal ini disebutkan dalam hadits Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, berbukalah dengan kurma karena kurma itu membawa berkah.”

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Siti Adisya Kirana
Berita Terkait