Panduan Tidur Sehat Bagi Mereka yang Suka Keramas Malam Hari

Wida Kriswanti | 31 Maret 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagian orang gemar mandi besar saat malam hari sebelum tidur. Alasannya, tubuh yang bersih serta kepala yang adem tanpa sisa keringat dan kotoran sedikit pun diyakini bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Akan tetapi, karena waktu tidur sudah begitu mepet, banyak yang terlalu malas untuk lebih dulu mengeringkan rambut sebelum tidur. Padahal kita semua mengetahui, bahwa tidur dalam keadaan rambut masih basah bisa berisiko terhadap kesehatan.

Beberapa gangguan kesehatan yang mungkin timbul, seperti flu, rambut patah, hingga kulit kepala yang jadi gatal dan berketombe. Selain itu, ada risiko perkembangbiakan kutu kasur atau tungau yang semakin tinggi karena mereka menyukai kelembapan yang berasal dari rambut basah.

Kalau serangan tungau sudah terjadi, bagian tubuh lainnya akan ikut berisiko terkena penyakit. Misalnya, muncul ruam atau gatal-gatal pada bagian kulit. Mulai dari kulit wajah, punggung, hingga kaki. Belum lagi risiko alergi lainnya.

Maka ketika Anda tetap tidak bisa mengubah kebiasaan mandi besar sebelum tidur, ada beberapa hal yang perlu disiasati. Dilansir dari Vegamour, beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai berikut.

1. Setidaknya, jangan terlalu basah. Anda bisa membungkus rambut dengan handuk begitu selesai mandi. Ini bisa sangat membantu mengurangi kelebihan air.

2. Pilih handuk yang cepat menyerap air. Handuk dari bahan microfiber pilihan yang tepat. Selain itu, membungkus rambut dengan handuk microfiber juga meminimalkan risiko gesekan yang akan merusak rambut.

3. Majukan jam mandi besar malam Anda. Setidaknya, jangan terlalu mendekati jam tidur. Sehingga rambut sempat kering secara alami sebelum Anda benar-benar melompat ke atas kasur.

4. Jangan mengikat rambut basah terlalu kencang, karena akan membuat rambut semakin lama kering. Cepol longgar menjadi pilihan yang lebih aman untuk kesehatan rambut Anda, selain memberi efek rambut bergelombang saat bangun tidur pagi hari.

5. Cari sarung bantal yang tepat. Sarung bantal yang terbuat dari serat bambu sangat direkomendasikan karena antibakteri dan antijamur. Selain itu teksturnya lebih lembut dan minim tekanan untuk rambut Anda.

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait