6 Startup Malaysia Siap Ekspansi ke Indonesia

Mentari | 26 Maret 2018 | 18:55 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Edvance, platform penyedia edukasi digitial untuk individual, corporate, dan startup menggelar program “Expand Indonesia” bekerja sama dengan Malaysia Digital Economy Corporation (MDEC).

Program yang sudah tiga kali digelar ini bertujuan untuk mengenalkan market Indonesia ke enam startup asal Malaysia, yakni Innovate Mental Arithmetic, Epnox Technology, Sales Candy, Monster Alliance, Travelog, dan Billplz.

“Program ini dirancang untuk menghubungkan startup Malaysia dengan industry expert di Indonesia, mulai dari perusahaan korporasi, startup, hingga pengusaha sukses dan pemerintah. Kami ingin mengenalkan semua aspek manfaat dan tantangan yang akan mereka hadapi di Indonesia,” kata Arne Van Looveren, CEO dan Founder Edvance, Jumat (23/3).

Pada edisi sebelumnya, “Expand Indonesia” telah menunjukkan hasil market entry yang memuaskan karena meningkatkan kolaborasi antara negara ASEAN dan memacu pertumbuhan regional.

Para startup yang mengikuti program ini telah melalui proses assessment dan virtual workshop atau web-seminar selama 2 minggu.

Beberapa program yang diikuti keenam startup tersebut, antara lain virtual workshop atau web-seminar untuk mempelajari pengetahuan umum soal regulasi dan tren bisnis di Indonesia serta private business coaching bersama perwakilan venture capital.

Peserta juga mengikuti mentoring bisnis untuk bertemu asosiasi dan pemerintah, seperti Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Asosiasi Fintech Indonesia, dan Asosiasi Cloud Computing Indonesia, serta perusahaan teknologi, seperti DOKU, Midtrans, Kudo, Tiket.com, Sirclo, Hacktiv8, dan lainnya.

Enam startup Malaysia itu juga berkesempatan bertemu investor lokal, yakni Kejora Ventres, East Ventures, dan Ideosecure.

“Landscape bisnis Malaysia mungkin tidak begitu berbeda dengan Indonesia. Namun dengan program ini, kami dapat mengidentifikasi sedikit perbedaan yang dapat diadaptasikan oleh para startup sebelum meningkatkan skala bisnis mereka di sini,” kata Andreas Surya, VP Investasi & Portofolio Kejora.

Penulis : Mentari
Editor: Mentari
Berita Terkait