Aktor Down Syndrome Pertama Peraih Oscar, James Martin Tidak Suka Popularitas

Supriyanto | 16 Maret 2023 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Academy Awards ke-95 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (12/3) waktu setempat atau Senin (13/3) pagi waktu Indonesia. Di ajang penghargaan untuk insan film Hollywood itu aktor James Martin mencatat sejarah baru.

Lewat film An Irish Goodbye, James Martin mendapat piala Oscar pertamanya untuk ketegori Live Action Short Film. Tak hanya itu, sepanjang sejarah Academy Awards, baru kali ini memberikan pada aktor pengidap down syndrome.

Kebahagiaan semakin lengkap dirasakan James Martin, lantaran di malam ia mendapat Oscar adalah hari ulang tahunnya ke-31.

James Martin mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari seluruh sineas dan artis Internasional yang hadir di malam itu. Alih-alih mengucapkan pidato kemenangan, Ross dan Tom Berkeley, justru mengajak para sineas untuk mengucapkan selamat ulang tahun.

“Hari ini James ulang tahun. Mari kita ucapkan selamat untuknya,” ucap Ross White kala melakukan pidato kemenangannya itu.

James Martin pun tampak begitu bahagia di atas panggung Oscar saat melihat artis-artis idolanya memberikan ucapan selamat untuknya.

James Martin

Sebelum dinyatakan sebagai peraih Oscar 2023, James Martin mengaku jika dirinya tak menikmati popularitas yang diraihnya lewat An Irish Goodbye. Pria berusia 31 tahun itu malah ingin buru-buru kembali bekerja di Starbucks dibandingkan hadir di berbagai ajang penghargaan.

"Aku membantu semua pelanggan (di sana). Aku sudah melakukan itu sejak lama. Itu sungguh menyenangkan," ungkap James Martin.

Pria yang terkenal lewat tayangan BBC Ups and Downs itu mengaku semua orang bisa berakting, meskipun mengidap down syndrome seperti dirinya.

"Semua orang bisa akting, tak peduli jika kau mengidap down syndrome. Aku selalu mengatakan pada orang-orang untuk tak menilai seseorang dari tampilan fisiknya," jelas James Martin.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait