Kenalkan Kuliner Lokal dengan Cara yang Kekinian

Romauli Gultom | 8 Juni 2018 | 22:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak masyarakat Indonesia yang melakukan kunjungan wisata ke daerah lain di Nusantara untuk menikmati kuliner khas atau pangan setempat.

Penggiat Kulinari Indonesia dan Ketua Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI), Santhi Serad, mengatakan orang Indonesia sangat menikmati kuliner dan beragam sajian hidangan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
 
“Mereka menghargai keberagaman pangan lokal dan lebih mau mengenalindigineous food dengan mengeksplorasi melalui culinary trip ke berbagai daerah di Indonesia, di tengah gempuran restoran franchise luar negeri,” ujar Santhi Serad dalam Studi Indonesia Flair 2018 bersama IPSOS Indonesia, di Jakarta, belum lama ini.

Melalui studi tersebut, Santhi mengungkapkan bahwa rasa, pengetahuan, dan pengalaman dalam menikmati makanan lokal sesuai adat istiadat setempat menjadi daya tarik bagi mereka.

“Di Jakarta dan Bali banyak bermunculan resto Indonesia yang inovatif. Ini artinya konsumen tertarik untuk kembali ke selera asal atau tradisional, budaya “on the go” semakin meningkat. Bahkan kesadaran hidup sehat di masyarakat juga makin meningkat sehingga bermunculan produk berbahan natural dan menyehatkan. Untuk itulah, kita ingin mengenalkan kuliner tradisional dengan cara yang lebih kekinian,” jelasnya.

Dengan adanya studi tersebut, menurut Soeprapto Tan, Managing Director IPSOS Indonesia, masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal beragam kuliner Indonesia yang sangat bervariasi dan bisa memberikan perspektif baru tentang Indonesia hingga ke masyarakat luar negeri.

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait