9 Restoran Untuk Menjamu Tamu Luar Negeri

Khairiyah Sartika | 30 Juli 2015 | 19:46 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SUATU saat mungkin kita dihadapkan dengan kondisi harus menjamu seorang tamu yang berasal dari luar negeri. Walaupun mereka teman, sanak keluarga, atau rekan kerja, salah satu hal yang akan dipikirkan yaitu “ajak mereka makan ke mana ya?”

Tidak usah khawatir! AbraResto.com sudah mengumpulkan beberapa tempat makan yang lezat dari segala macam penjuru kota Jakarta di dalam panduan restoran untuk menjamu tamu luar negeri. 

1. Lara Djonggrang 
Sebuah restoran favorit di kalangan expat Jakarta dan juga orang Jakarta sendiri. Terletak di daerah Menteng, Lara Djonggrang menyediakan beraneka ragam masakan Indonesia dan bahkan ada beberapa jenis makanan yang jarang ditemukan di tempat lain! Yang membuat restoran ini unik adalah desain interiornya. Suasana yang tenang dan sedikit mistis — selayaknya kalo kita lagi ada di museum– bisa kamu rasakan, bahkan mulai dari pertama kali masuk ke area parkirannya. Tamu luar negeri pasti seneng sekali kalau diajak makan ke tempat seperti ini.


2. Kembang Goela 
Ini satu lagi restoran Indonesia yang berusaha mempersembahkan kepada tamu-tamunya suasana “tempoe doeloe.” Desain dari Kembang Goela terinspirasi oleh rumah jaman kolonial Belanda. Mereke menyuguhkan berbagai macam masakan Indonesia dan Peranakan, tapi dengan sebuah twist campuran masakan Belanda. Restoran ini cocok jika berencana membawa banyak orang, karena tersedia private room buat kelompok besar.

3. Emilie French Restaurant 
Kalo tidak mau membawa tamunya ke sebuah restoran Indonesia, atau mungkin sudah dan perlu pilihan lain, Emilie di Senopati mungkin bisa dijadikan opsi. Emilie sudah membuka pintunya bagi penggemar makanan Perancis jauh sebelum daerah Senopati jadi ngehits. Yang ngebuat Emilie dikagumi dan didatangi orang-orang yang loyal adalah karena mereka mementingkan bahan-bahan baku makanan yang hanya tersedia di bulan-bulan tertentu. Oleh karena itu, kalaupun pernah makan di sini, kemungkinan besar dalam kunjungan berikutnya makanan yang disediakan bakal berbeda sama sekali. Menarik bukan?

4. Sate Khas Senayan 
Siapa sih yang nggak tau Sate Khas Senayan? Di restoran yang satu ini ada banyak sekali pilihan aneka masakan Indonesia. Mulai dari masakan khas Jawa Timur, Betawi, sampai beraneka ragam macam sate sehingga bisa membuat kebingungan ingin mesen apa. Dengan harga yang cukup terjangkau, rasa yang fantastis, dan ditambah adanya beberapa cabang di sekitar Jakarta, Sate Khas Senayan bisa jadi restoran pertama yang kamu kunjungi kalau mau menjamu tamu dari luar negeri.

5. Pondok Laguna 
Terletak di dekat Gambir, Jakarta Pusat, Pondok Laguna adalah sebuat restoran Sunda yang sudah terkenal dari dulu. Pondok Laguna menghidangkan macam-macam jenis makanan dari Jawa Barat dan Banten. Tempat ini juga menyajikan beraneka ragam seafood seperti ikan gurame dan cumi saos tauco. Karena lokasinya yang strategis, Pondok Laguna cocok untuk didatangi jika tamu kamu menginap di daerah Thamrin atau Sudirman.

6. Bebek Tepi Sawah 
Restoran yang satu ini sudah lama terkenal di Bali, tapi baru-baru ini buka cabang di Jakarta. Bebek Tepi Sawah adalah spesialis bebek yang dimasak dengan teknik yang bervariasi; mulai dari bebek goreng yang garing dan gurih sampai bebek betutu yang lezat dan empuk. Jangan lupa juga, restoran ini punya sambel yang sangat lezat. Jika ingin mendatangi restoran ini, terdapat beberapa lokasi di sepenjuru Jakarta dan Tangerang.

7. Pagi Sore 
Kalo sudah tinggal di Jakarta bertahun-tahun, pasti kamu tau adanya restoran Padang dimana-mana. Tapi ada satu yang merupakan salah satu restoran favorit. Namanya Pagi Sore di daerah Cipete, Jakarta Selatan. Walaupun asal merknya dari Palembang, cita rasa Padang tidak hilang! Justru malah enak sekali. Saat ke sini, pasti melahap rendang, ayam bakar, dan sate padang. Selayaknya restoran Padang pada umumnya, banyak suguhan yang pedas. Oleh karena itu harus memberitahu dulu ke tamunya jika makanannya banyak yang pedas.

8. Nasi Goreng Kebon Sirih 
Banyak yang menganggap Nasi Goreng Kebon Sirih sebagai nasi goreng terenak di Jakarta. Apa sih yang membuatnya enak? Mungkin caranya mereka masak yang ditambahkan dengan beberapa bumbu sehingga rasanya agak-agak mirip nasi kebuli? Mungkin juga karena nasi goreng kambing mereka menggunakan daging kambing yang empuk dan gurih? Yang jelas, makan nasi goreng ini akan membuat kecanduan. Siapa tahu tamu kamu juga ikutan kecanduan.

9. Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal 
Ini dia satu lagi tempat makan legendaris di Jakarta. Konon katanya, Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal adalah nasi uduk Kebon Kacang yang “asli.” Tapi bener sih, mereka telah menyempurnakan cara pembuatan nasi uduk sehingga nasi yang dimakan memiliki keseimbangan antara gurih dan aroma yang wangi. Paling enak jika memesan seporsi nasi, terus ditambahkan lagi dengan beberapa potong ayam goreng, lalu dilapis dengan sambalnya. Kalo tamu kamu dibawa ke sini, pasti dia bakal minta nambah deh! (Hario Satrio / AbraResto)


Artikel orisinil terdapat di AbraResto.com, sumber terpercaya untuk menemukan restoran-restoran baru di Jakarta dan sekitarnya. 

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait