Vicki Zhao Kabur ke Paris Setelah Jejaknya di Dunia Maya Dihilangkan Pemerintah Cina

Vallesca Souisa | 2 September 2021 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nama bintang Tiongkok Vicki Zhao atau Zhao Wei tengah ramai jadi perbincangan setelah muncul kabar film-film yang dibintangi dihapus dari platform video utama di Tiongkok. Kabarnya, setelah dilenyapkan pemerintah di dunia maya, ia kabur ke Paris. Benarkah?

Vicki Zhao, nama ini pernah melejit di Indonesia karena perannya sebagai Putri Huan Zhu. Dan selanjutnya peran ini sangat melekat dengan dirinya. Vicki Zhao memang salah satu artis papan atas di Tiongkok. Baru-baru ini namanya ramai dibicarakan di dunia maya, gara-gara berbagai raksasa streaming video Tiongkok menghapis seluruh arsip mereka terkait Vicki Zhao.

Sang artis jadi mendadak lenyap dari semua pencarian di dunia maya. Termasuk karya-karyanya. Ini semua dilakukan atas perintah dari National Radio and Television Administration (NRTA) regulator hiburan yang dikelola oleh pemerintah Tiongkok.

Jadi banyak pertanyaan orang dan penggemar khususnya, apa yang menyebabkan pemerintah Tiongkok menghapus jejak rekan Vicki Zhao sedemikian sadisnya? Dikutip dari Fortune, per Kamis (2/9) memang belum diketahui latar belakang yang jelas di balik penghapusan ini. Memang, sensor di Tiongkok terkenal sangat ketak dan enggak tanggung-tanggung dalam menghilangkan sesuatu yang tak disukai pemerintahnya. Mulai dari film, lagu, iklan, serial TV hingga media sosial tak ada yang terlepas dari pantauan mereka.

Vicki Zhao bukan artis yang jadi korban pertama. Sudah banyak artis yang mengalami hal serupa. Usai heboh kabar ini, Vicki Zhao pun keberadaannya dipertanyakan. Seolah ia ikut menghilang ditelan bumi. Nah, disebut-sebut, nih, Vicki terbang ke Paris menggunakan pesawat jet pribadi, bersama suaminya, pengusaha Huang Youlong.

Tetapi kabar ini dibantah. Vicki kemudian mengunggah foto dirinya di Instagram. Pada postingan tersebut, Vicki mengaku masih berada di Beijing bersama orang tuanya. Sayangnya, postingan ini pun akhirnya keburu diblokir juga oleh pemerintah Tiongkok.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi tentang penyebab pelenyapan dan sensor berlebihan atas Vicki Zhao. Ia dianggap melakukan kegiatan berbahaya dan terlibat dalam banyak skandal yang berpotensi menyebabkan kericuhan.

Vicki Zhao dan suaminya dikenal sebagai salah satu pasangan paling kaya di Tiongkok. Konon mereka memiliki kekayaan sebesar Rp 14 triliun. Namun belum lama ini mereka dituntut sebesar Rp 552 miliar usai dianggap gagal membayar hutang sebesar 26 juta dolar Singapura.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait