Mempersiapkan Kondisi Rumah Menghadapi Musim Hujan

HOME.CO.ID | 3 Oktober 2020 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berbeda dengan musim kemarau, kenyamanan rumah akan terasa sedikit berkurang saat musim hujan. Ini karena beberapa hal seperti atap yang bocor dan kabel listrik yang terbuka, tidak begitu menjadi masalah di musim kemarau. Namun saat musim hujan, ini akan merepotkan, bahkan membahayakan. Maka itu, ada baiknya kita mempersiapkan rumah untuk menghadapi musim hujan. Terlebih tak lama lagi, musim itu datang.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan rumah menghadapi musim hujan. Mulai dari memeriksa bagian atap rumah, hingga instalasi listrik yang bocor sehingga membahayakan jika terkena air. Berikut penjabaran lengkapnya. 

Memeriksa Posisi Genteng
Mungkin sebelumnya Anda belum pernah melakukan ini. Namun mulai dari sekarang, cobalah lakukan hal tersebut, khususnya saat musim hujan menjelang. Soalnya, genteng yang berantakan atau tidak pada posisinya dapat menjadi penyebab utama kebocoran di musim hujan. Di sisi lain, genteng dapat bergeser karena banyak hal, seperti angin atau kenakalan hewan yang melewati atap.

Memperbaiki atau membersihkan talang air
Selama musim kering atau kemarau, talang air rentan kotor karena debu dan kotoran kering. Kotoran yang jarang dibersihkan tentu akan menumpuk sehingga menyebabkan saluran air tertutup. Kondisi kekeringan juga biasanya membuat talang air retak dan rusak. Maka itu, periksalah talang air. Bersihkan dan perbaiki secepatnya jika terdapat kerusakan.

Cek sistem ventilasi
Aliran udara yang cenderung dingin di musim hujan, dapat menimbulkan hawa lembap jika hunian tidak memiliki ventilasi yang baik. Hawa lembap akan membuat suasana rumah tidak nyaman dan berpotensi terhadap tumbuh kembangnya bakteri. Makanya, usahakan sistem ventilasi terpasang dengan baik. Jika curah hujan sedang tinggi, Anda dapat menutup sementara dan buka kembali ventilasi setelah hujan reda.

Memeriksa saluran Air
Saluran air di sekitar rumah biasanya luput dari perhatian saat musim kemarau. Bahkan bisa jadi, saluran ini tertutup tanah dan sampah. Maka itu, periksalah saluran tersebut sesaat sebelum memasuki musim hujan seperti sekarang. Jika benar kotor, bersihkan agar air yang nantinya memenuhi saluran tersebut tidak meluap dan membanjiri halaman serta rumah kita.

Periksa instalasi listrik
Di musim hujan, kabel listrik mudah rapuh dan terkelupas karena terus diterpa hawa lembap dan panas yang tinggi. Hal ini dapat berbahaya karena berisiko menyebabkan korsleting dan kebakaran. Sebaiknya periksa seluruh jaringan listrik di dalam dan luar rumah. Pastikan seluruh kabel dan stop kontak dalam keadaan baik supaya risiko korsleting dapat diminimalisasi. 

Merapikan tanaman
Air hujan tentunya akan secara rutin menyiram tanaman. Kondisi cuaca yang lembap di musim hujan juga akan sangat mendukung tumbuh kembang tanaman. Alhasil, tanaman akan cepat tumbuh dan rimbun. Ini bisa jadi sarang nyamuk dan serangga lainnya. Makanya, pangkaslah tanaman di taman anda mulai dari sekarang. Pangkas juga ranting pohon-pohon besar di sekitar rumah untuk keamanan, kenyamanan, serta kerapian rumah.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait