Hati-hati, Banyak Tidur di Akhir Pekan Bisa Memicu Penyakit Jantung

Christiya Dika Handayani | 11 Oktober 2019 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hati-hati, kebiasaan cenderung bangun lebih siang ketika akhir pekan bisa membuat kita mengalami "social jet lag", yang dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung.

Periset bernama Sierra B. Forbush dari University of Arizona, Amerika Serikat, mengungkapkan hal tersebut.

Temuan menunjukkan bahwa setiap jam yang terjadi saat seseorang tidur atau bangun di akhir pekan dikaitkan dengan peningkatan 11 persen pada kemungkinan penyakit jantung.

Social jet lag juga menyebabkan kesehatan menjadi lebih buruk serta mengakibatkan rasa kantuk dan lelah yang lebih cepat.

“Hasil ini menunjukkan bahwa tidur yang teratur, melebih durasi tidur, itu memainkan peranan penting dalam kesehatan kita. Ini juga menunjukkan bahwa jadwal tidur yang teratur mungkin bisa menjadi pengobatan yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung yang efektif, relatif sederhana dan murah,” tutur pemimpin penulis Sierra B. Forbush, seperti yang dilansir dari News18.

Menurut rekomendasi American Academy of Sleep Medicine, orang dewasa harus tidur tujuh jam atau lebih per malam secara teratur untuk meningkatkan kesehatan secara optimal. 

 

(dika / gur)

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait