5 Buah yang Baik untuk Dikonsumsi saat Sahur dan Berbuka Puasa

aura.co.id | 4 Mei 2020 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat bulan Ramadhan, kita kerap menemui permasalahan berupa kebingungan untuk menentukan menu untuk sahur dan buka puasa.

Yah, minggu-minggu pertama pasti kita akan semangat untuk menentukan menu makanan, tapi mendekati akhir bulan puasa, kebanyakkan dari kita akan mulai malas-malasan dan hanya makan seadanya.

Eits, kebiasaan ini harus dihentikan ya!

Pasalnya, saat berpuasa tubuh kita akan mengeluarkan energi tapi tidak mendapatkan asupan energi kecuali sata waktu berbuka puasa tiba. Kebayang dong kalau kalian punya aktivitas segudang dan menu makan sahur dan buka puasa kalian sembarangan? Bisa-bisa kalian drop di tengah jalan dan berujung harus menambah utang puasa karena jatuh sakit.

Nah, salah satu menu yang tidak boleh ketinggalan saat sahur dan berbuka puasa adalah buah. Yup, buah-buahan memang menjadi salah satu sumber energi yang rasanya enak dan mudah untuk didapatkan.

Anda juga tidak perlu bingung-bingung mengolahnya, karena buah bisa langsung dikonsumsi. Selain kurma, di bawah ini ada daftar buah-buahan yang baik untuk Anda konsumsi di bulan Ramadhan, disimak ya!

1. Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang memiliki segudang manfaat untuk pencernaan kita. Tidak hanya itu saja, buah pepaya ini juga mengandung betakaroten, beta-cryptoxanthin, lutein, dan zeaksantin yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain itu buah pepaya juga kaya akan kandungan vitamin C, sehingga baik dikonsumsi kalian yang tidak suka buah jeruk.

2. Blewah

Blewah merupakan salah satu buah yang menjadi salah satu primadona saat bulan puasa. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena blewah mengandung kalium yang tinggi dan dapat membantu tubuh kamu untuk membersihkan karbondioksida dari dalam darah dan juga memicu kerja otot dan simpul saraf kita.

Blewah juga mengandung sukrosa, fruktosa, dan juga air yang akan mengembalikan cairan tubuh kita yang hilang saat berpuasa.

3. Belimbing

Buah belimbing juga menjadi salah satu buah yang baik untuk kamu konsumsi saat bulan puasa. Hal ini karena buah belimbing memiliki khasiat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, mencegah kanker, mengatasi gangguan pada gintal, mengatasi tekanan darah tinggi, mencegah munculnya minyak berlebih, dan sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, seringkali karena berpuasa kondisi tubuh kita akan menurun karena pola hidup yang berubah tiba-tiba, untuk itu kita harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah.

4. Mangga

Buah mangga cocok untuk kamu santap setelah berbuka puasa, karena buah mangga mengandung air, serat, karbohidrat, tanin, volatil, vitamin dan mineral, gula sederhana (glukosa, sukrosa, fruktosa), pati, dan juga selulosa. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk mengembalikan energi dalam tubuh yang hilang karena kita beraktivitas saat berpuasa.

5. Pir

Buah pir juga menjadi salah satu buah yang baik kamu konsumsi di bulan puasa. Buah pir mengandung asam kloro-genat yang mampu berperan sebagai antioksidan dan berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat kita berpuasa.

Buah pir juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang cukup banyak, menjadikan buah ini menjadi salah satu buah yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kamu saat berpuasa.

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait