Dari Lokasi Syuting, Dude Harlino - Alyssa Soebandono Mengawasi Anak Lewat CCTV

Indra Kurniawan | 28 Januari 2019 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meninggalkan anak-anak di rumah bersama pengasuh untuk bekerja, sebenarnya berat bagi Dude Harlino (38) dan Alyssa Soebandono (26). 

Sebelum menerima pinangan Sinemart untuk main sinteron Calon Presiden, Dude Harlino dan Alyssa Soebandono berdiskusi soal anak-anak lebih dulu.

“Di rumah, anak-anak dititipkan kepada orang tua (saya) dan pengasuh,” kata ayah Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino (3 tahun 11 bulan) dan Malik Mahendra Harlino (17 bulan). 

Kedua anak masih balita, pasangan yang menikah pada 22 Maret 2014 tentu tidak membiarkan mereka lepas dari pengawasan. Termasuk soal penggunaan gawai, yang mereka batasi pada si sulung yang sudah bisa memainkannya. 

“Waktu penggunaan gawai kami batasi, termasuk juga apa yang dia lihat. Kami kunci konten-konten yang tidak sesuai untuk anak,” kata Dude. “Atau pakai cara Icha, semua (konten yang ramah untuk anak) kami unduh lalu paket data internet kami matikan, sehingga dia enggak bisa buka (konten) yang lain. Biar enggak bosan, seminggu kemudian kami unduh (konten) yang bagus lainnya.”

Di sela syuting, Dude dan Icha mengawasi aktivitas anak-anak lewat kamera CCTV yang terpasang di setiap sudut rumah mereka di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

“CCTV bisa kami kontrol dari ponsel, jadi kami bisa lihat aktivitas anak-anak di rumah. Alhamdulillah enggak pernah kecolongan, lagi pula kami bersepakat dengan orang rumah, Rendra tidak boleh menonton tayangan yang tidak sesuai usianya,” kata Dude Harlino, diiyakan Alyssa Soebandono.

Dude dan Alyssa Soebandono mendorong Rendra melakukan kegiatan yang tidak membutuhkan gawai. “Di rumah banyak mainan yang kami simpan di satu tempat, jadi begitu dikeluarkan kayak kapal pecah. Enggak apa-apa biar dia berkreasi dan berimajinasi dengan mainannya, daripada seharian pegang gawai,” tutur Icha.

“Rendra belakangan juga suka menggambar, makanya kami siapkan pensil warna dan kertas gambar yang banyak,” timpal Dude Harlino.

(ind / gur)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait