Yuk, Kurangi Sampah Botol Plastik Bekas untuk Jaga Kelestarian Laut

Redaksi | 13 Desember 2021 | 13:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menjaga keindahan dan kelestariaan laut tentu menjadi kewajiban kita semua. Namun, kenyataannya masih banyak diantara kita yang tidak peduli kebersihan, dengan masih membuang sampah botol maupun plastik ke laut.

Data dari National Plastic Action Partnership (NPAP)1 menunjukkan sekitar 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak diolah dengan baik, di mana 48 persen di antaranya dibuang ke alam terbuka dan 9 persen dari sampah plastik berakhir di laut. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu kontributor pembuangan sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia dengan estimasi sekitar 0,48-1,29 juta metrik ton per tahunnya.

Melihat data tersebut, Blackmores tergerak untuk mengurangi jumlah sampah botol plastik melalui program Blackmores Peduli, mengumpulkan sebanyak-banyaknya, lalu mendaur ulang botol plastik bekas minyak ikan yang berasal dari merek apapun agar tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut.

Melalui campaign Blackmores Peduli sebagai wujud perhatian terhadap lingkungan dengan mengajak konsumen untuk menukarkan botol plastik bekas minyak ikan yang terbuat dari material plastik. 

Program ini bekerja sama dengan ritel kesehatan dan kecantikan Guardian untuk titik pengumpulan botol plastik bekas minyak ikan, serta organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle untuk proses mendaur ulang.

“Blackmores Odourless Fish Oil merupakan produk yang datang dari laut, sehingga menjaga kelestarian laut dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan demi memberikan produk yang terbaik untuk para konsumen. Dengan semakin seriusnya isu pencemaran lingkungan yang terjadi, diharapkan ini dapat menjadi aksi nyata dari kami untuk membantu mengatasi masalah lingkungan yang terjadi di sekitar kita,” ujar Ira Fernando selaku Senior Brand Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Ia menambahkan, kami ingin mengajak para konsumen untuk ikut menjadi agent of change pelestarian lingkungan. Melalui langkah sederhana ini, mereka dapat ikut bersama-sama dengan kami mengurangi jumlah sampah plastik khususnya di lautan dan melestarikan alam.

Program blackmores peduli berlangsung sejak 25 November 2021 hingga 5 Januari 2022. Program ini dapat diikuti oleh seluruh konsumen di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) melalui 30 cabang Guardian yang tersebar di Jadetabek.

Adapun mekanisme penukarannya sangat mudah. Konsumen yang memiliki botol plastik bekas minyak ikan merek apapun dapat mengumpulkan dan membawanya ke Blackmores Pop Up Store yang bekerja sama dengan Guardian dan eRecycle di lokasi-lokasi yang telah ditentukan. 

Mereka dapat langsung memasukan botol plastik tersebut pada drop box yang tersedia dan berhak mendapatkan apresiasi untuk setiap keikutsertaannya. "Kami telah menyiapkan voucher sebesar Rp.50.000/botol bagi para penyumbang pada setiap transaksi yang dilakukan sebagai tanda partisipasi," tutupnya. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait