Makin Panas, Kang Daniel Kirim Surat Balasan untuk LM Entertainment

Rizki Adis Abeba | 26 Maret 2019 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perseteruan antara Kang Daniel dengan agensinya, LM Entertainment, semakin panas. Setelah LM Entertainment merilis surat yang membantah tudingan menjual kontrak eksklusif Kang Daniel ke pihak ketiga tanpa sepengetahuan sang artis, kini perwakilan hukum Kang Daniel, Yulchon LLC, membalasnya lewat surat yang dirilis di hari yang sama, Selasa (26/03).

“Halo, ini pengacara Yeom Yong Pyo dari Firma Hukum Yulchon, yang menangani masalah hukum untuk penyanyi Kang Daniel. Pertama, Kang Daniel berulang kali menyampaikan permintaan maaf kepada penggemar yang sudah menghargainya juga kepada publik Korea atas pertarungan hukum (dengan agensinya),” tulis Yeom Yong Pyo mewakili Kang Daniel.

“Untuk membantu (memberi) pemahaman terhadap orang-orang yang tertarik dengan kasus ini, Yulchon akan mengungkapkan kebenaran atas nama Kang Daniel, dengan fokus pada surat permohonan yang kami ajukan ke pengadilan untuk penghentian konstrak eksklusif (Kang Daniel dengan LM Entertainment),” Yeom Yong Pyo melanjutkan.

Yeom Yong Pyo menjelaskan, poin penting dari pengajuan permohonan ke pengadilan untuk penangguhan kontrak eksklusif Kang Daniel adalah untuk mengetahui apakah agensi menjual berbagai hak yang tertulis dalam kontrak eksklusif dengan Kang Daniel ke pihak ketiga tanpa persetujuan Kang Daniel.

“Kang Daniel menandatangani kontrak eksklusif dengan LM Entertainment pada 2 Februari 2018, setahun sebelum kontrak berlaku pada 2 Februari 2019. Namun, pada 28 Januari 2019, yang sebelum kontrak eksklusif diberlakukan, LM Entertainment menandatangani kontrak bisnis bersama yang menjual (hak kontrak eksklusif Kang Daniel) termasuk pembuatan konten dan hak manajemen Kang Daniel kepada pihak ketiga,” ungkap Yeom Yong Pyo.

Konteks dari kontrak bisnis LM Entertainment dengan pihak ketiga tersebut berisi kesepakatan bahwa selama lima tahun masa kontrak eksklusif, hak inti dari kontrak eksklusif, termasuk hak untuk memproduksi dan mendistribusikan konten musik, konser dan hak bisnis internasional, dan hak negosiasi mengenai aktivitas Kang Daniel di industri hiburan, akan secara eksklusif diberikan kepada pihak ketiga. Yeom Yong Pyo juga menyebutkan LM Entertainment telah menerima uang muka sebesar tiga kali lipat dari nilai kontrak eksklusifnya langsung dengan Kang Daniel. Sementara nilai keseluruhan penjualan kontrak eksklusif itu sendiri diperkirakan mencapai sepuluh kali lipat dari nilai kontrak Kang Daniel.

“Kang Daniel kemudian mengetahui bahwa LM Entertainment, yang ia percayai, menandatangani kontrak bisnis dengan pihak ketiga tanpa persetujuannya, dan pertarungan hukum dimulai ketika sang penyanyi meminta agensi untuk membenahi hal ini. Untuk menyelesaikan konflik dengan jalan damai, Kang Daniel mengajukan banyak permintaan kepada LM Entertainment untuk memperbaiki peristiwa ilegal dan tidak adil yang disebutkan di atas, tetapi ia gagal mendengar tanggapan positif dan memutuskan untuk mengajukan banding atas keputusan pengadilan,” beber Yeom Yong Pyo panjang lebar.

Yeom Yong Pyo sebagai perwakilan dari Yulchon LLC mengharapkan agar kebenaran dari kasus ini segera terungkap agar Kang Daniel bisa mendapatkan kepastian mengenai kelanjutan kariernya. “Kang Daniel saat ini mengatakan keinginannya untuk mendapatkan hasil (keputusan hukum) yang masuk akal sehingga dia bisa kembali ke pelukan penggemar secepat mungkin,” tandas Yeom Yong Pyo.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait