Kasus Narkoba 2016, Jaksa Sebut Han Seo Hee Menangis Sehingga Menyulitkan Pemeriksaan

Rizki Adis Abeba Selasa, 18 Juni 2019 21:45:08
Han Seo Hee (Viki)

TABLOIDBINTANG.COM - Pengakuan Han Seo Hee yang mengatakan kasus narkoba yang melibatkan dirinya dan mantan personel iKON, B.I, pada 2016 silam tidak pernah diperiksa sampai tuntas oleh kepolisian dan kejaksaan kini membuat publik mencurigai bahwa ada permainan di balik kasus ini. Benarkah jaksa telah bersekongkol dengan YG Entertainment untuk membuat kasus ini menguap begitu saja?

Laporan berita yang dirilis oleh MBC pada Selasa (18/06) mencoba meminta keterangan dari pihak kepolisian dan kejaksaan yang menangani kasus ini tiga tahun lalu. Diketahui bahwa Han Seo Hee menjalani pemeriksaan ketiga di kepolisian pada 30 Agustus 2016, di mana ia mengubah kesaksiannya mengenai keterlibatan B.I dalam kasus penggunaan narkoba.

Keesokan harinya, Kantor Kejaksaan Distrik Suwon mendapatkan laporan hasil pemeriksaan polisi terhadap Han Seo Hee mengenai keterlibatan B.I dalam skandal narkoba tersbeut. Kejaksaan pun segera memanggil Han Seo Hee untuk melakukan pemeriksaan, namun menurut perwakilan kantor kejaksaan pemeriksaan tersebut tidak membuahkan hasil. Apa sebabnya?

“Pada waktu pemeriksaan, Han Seo Hee menangis tersedu-sedu sehingga kami tidak bisa melakukan pemeriksaan dengan benar,” ungkap perwakilan Kantor Kejaksaan Distrik Suwon.

Setelah pemeriksaan pertama tersebut, kejaksaan tidak pernah memanggil Han Seo Hee maupun B.I untuk melakukan pemeriksaan lenih lanjut. Namun menurut kejaksaan hal itu disebabkan karena polisi dianggap telah melakukan investigasi secara terpisah. Polisi melanjutkan investigasi terhadap kasus ini secara independen selama enam bulan sampai dengan Maret 2017, namun investigasi berakhir tanpa hasil.

Di sisi lain, polisi merasa sudah melimpahkan kasus ke kejaksaan sehingga mereka tidak melanjutkan pemeriksaan kasus ini.

“Investigasi itu harus dilakukan secara internal karena kami sudah melimpahkan semua data yang berkaitan dengan B.I ke kejaksaan,” ungkap sumber dari kepolisian.

Adanya misskomunikasi antara kepolisian dan kejaksaan semakin membuat publik mengkritisi kinerja kedua lembaga penegakkan hukum di Korea tersebut.

Kendati saat ini kepolisian Korea berjanji untuk melakukan investigasi ulang terhadap kasus ini, Han Seo Hee sendiri telah melaporkan kejanggalan kasus narkoba 2016 ke Komisi Anti Korupsi dan Hak Sipil Korea untuk mengungkap apakah benar B.I terlibat dalam penggunaan narkoba dan membuktikan adanya intervensi dan tekanan yang dilakukan YG Entertainment.

(riz / ray)

Penulis Rizki Adis Abeba
Editor Panditio Rayendra
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.