Mag Kronis Bisa Menyebabkan Kematian Jika ...

Yuriantin | 19 Agustus 2017 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kematian dr. Ryan Thamrin 4 Agustus lalu, mengejutkan publik. Selain kabar kematiannya  datang tiba-tiba, masyarakat juga dikagetkan dengan penyebab kematian mantan pemandu acara Dr. Oz Indonesia ini yang katanya karena mag kronis. Kapan gangguan lambung bisa menyebabkan kematian?

Spesialis penyakit dalam RSU Bunda Jakarta, dr. Erik Rohmando Purba, Sp.PD menyebutkan mag atau gastritis adalah terjadinya peradangan di lambung. Meski sangat jarang terjadi, mag kronis bisa menyebabkan kematian langsung.

"Biasanya karena mag tersebut mengikis dinding lambung hingga terjadi pendarahan masif, akibatnya pasien mengalami kurang darah. Terjadi syok hingga tensi menurun drastis, ditambah kadar hemoglobin rendah, akibatnya memicu kematian," papar dia.

Umumnya, penderita mag akan mengalami nyeri di ulu hati, mual, kembung dan sering sendawa. "Pasien dikatakan mengalami mag kronis jika gejala tersebut bertahan lebih dari 3 bulan," ucap dr Erik.

Disarankan segera berkonsultasi ke dokter jika terjadi mag kronis. Pasalnya, mag punya tingkat keparahannya sendiri, mulai dari ringan, sedang, hingga berat.

Tingkat keparahan ini bergantung dari derajat kerusakan lambung hingga luas pengikisan dinding lambung akibat mag. Disebut ringan jika hanya lapisan intima lambung yang rusak.

"Namun, jika terjadi pendarahan bisa dikatakan menderita mag sedang atau berat," imbuh dia. Penyebabnya adalah gejala mag yang tidak tertangani.

Solusinya adalah dengan terapi obat. Biasanya dengan penggunaan obat golongan anthistamin hingga obat PPI (Proton Pump Inhibitor), yaitu jenis obat yang banyak digunakan untuk menghambat naiknya asam lambung. 

 

(yuri / gur)

 

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait