Pesan Hangat Raja Charles III untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle Setelah Mangkatnya Ratu

Indra Kurniawan | 10 September 2022 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Keluarga kerajaan memasuki babak baru. Dalam pidato pertama setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, Raja Charles III mengirim pesan kepada semua anggota keluarganya, termasuk Pangeran Harry dan Meghan Markle, yang telah pindah ke California setelah mengundurkan diri sebagai bangsawan senior.

Dalam pidato pertamanya sebagai penguasa baru, Charles memberikan harapan baiknya kepada Duke dan Duchess of Sussex Pangeran Harry dan Meghan Markle.

"Saya juga ingin mengungkapkan cinta saya untuk Harry dan Meghan," kata Charles dikutip dari eonline. "Sementara mereka terus membangun kehidupan mereka di luar negeri."

Terlepas dari ketegangan yang dilaporkan, Harry dan Meghan saat ini berada di Inggris dan akan tetap di sana setelah meninggalnya Ratu pada Kamis (8/9) lalu. Duke bahkan melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk kumpul bersama ayah dan anggota keluarganya beberapa jam setelah mangkatnya Ratu.

Dalam pidatonya, Charles merenungkan warisan ibunya dan waktu berkabung keluarganya. Dia berbicara dengan perasaan duka mendalam. Bagi Charles, Ratu adalah inspirasi dan teladannya.

"Sepanjang hidupnya, Yang Mulia Ratu—Ibu tercinta—adalah inspirasi dan teladan bagi saya dan seluruh keluarga saya, dan kami berutang budi yang paling tulus padanya. Setiap keluarga berutang kepada ibu mereka, atas cinta, kasih sayang, bimbingan, pengertian dan teladannya," kata Charles.

"Ratu Elizabeth menjalani kehidupan dengan baik; sebuah janji dengan takdir yang ditepati dan dia sangat berduka atas kematiannya. Janji layanan seumur hidup itu saya perbarui kepada Anda semua hari ini," sambungnya.

"Selain kesedihan pribadi yang dirasakan semua keluarga saya, kami juga berbagi dengan banyak dari Anda di Inggris," lanjutnya.

"Di semua negara tempat Ratu adalah Kepala Negara, di Persemakmuran dan di seluruh dunia, rasa terima kasih yang mendalam selama lebih dari tujuh puluh tahun di mana Ibu saya, sebagai Ratu, melayani orang-orang dari begitu banyak negara."

Tidak ketinggalan Charles mengirimkan cinta kepada putra sulungnya Pangeran William dan Kate Middleton, sembari juga mengonfirmasi gelar baru mereka.

"Sebagai Pewaris saya, William sekarang mengambil gelar Skotlandia yang sangat berarti bagi saya," kata Charles.

"Dia menggantikan saya sebagai Duke of Cornwall dan mengambil tanggung jawab untuk Cornwall yang telah saya jalani selama lebih dari lima dekade. Hari ini, saya bangga mengangkatnya sebagai Prince of Wales, Tywysog Cymru, negara yang gelarnya telah saya jabat. Sangat istimewa untuk menanggung begitu banyak hidup dan tugas saya."

Pria 73 tahun itu menambahkan, "Dengan Catherine di sampingnya, Pangeran dan Putri Wales kita yang baru, saya tahu, akan terus menginspirasi dan memimpin percakapan kita, membantu membawa kaum marginal ke pusat di mana bantuan vital dapat diberikan."

(ind)

 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait