Arsenal Gagal Susul Manchester United ke Perempatfinal Liga Europa

Indra Kurniawan | 17 Maret 2023 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berakhir sudah perjalanan Arsenal di Liga Europa. Lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup A, Arsenal disingkirkan Sporting CP lewat drama adu penalti dengan skor 3-5 (agregat 3-3).

Bertanding di hadapan publik sendiri di Emirates Stadium pada Jumat (17/3) dini hari, Arsenal berpeluang lolos babak perempatfinal dengan bekal 2 gol ke gawang Sporting CP pada leg pertama. 

Sempat memimpin 1-0 lewat gol Granit Xhaka di babak pertama, Sporting berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang dibuat oleh Pote. Skor 1-1 memaksa duel berlanjut ke babak perpanjangan waktu. 

Tak ada gol tercipta hingga 2 babak perpanjangan waktu usai. Sporting bahkan harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-118 setelah Manuel Ugerte dikartu merah wasit usai melanggar Bukayo Saka. Laga berlanjut ke babak tos-tosan.

Tiga penendang pertama kedua tim sukses menaklukkan penjaga gawang lawan. Tidak algojo keempat Arsenal. Top skor sementara Arsenal di Liga Premier Inggris, Gabriel Martinelli gagal menaklukkan penjaga gawang Antonio Adan. 

Sementara penendang keempat dan kelima Sporting sukses membobol Aaron Ramsdale. Arsenal pun harus kembali menelan pil pahit, gagal memetik kemenangan di fase gugur Liga Europa di kandang sendiri. 

Bagi Sporting, ini kemenangan pertama adu penalti di ajang kompetisi Eropa setelah dua tos-tosan sebelumnya mengalami kegagalan. Yaitu lawan Dinamo Minsk pada November 1984 dan Napoli pada September 1989. 

Lolosnya Sporting CP melengkapi tujuh tim lainnya yang sudah dipastikan lolos sebelumnya. Mereka adalah Manchester United, Sevilla, Union Saint-Gilloise, AS Roma, Bayern Leverkusen, Juventus, dan Shakhtar Donetsk. Menarik dinanti hasil undian babak perempatfinal.

Susunan Pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale; Takehiro Tomiyasu, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko; Pablo Vieira, Jorginho, Granit Xhaka; Reiss Nelson, Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli.

Sporting CP: Antonio Adan; Goncalo Inacio, Ousmane Diomande, Jeremiah St. Juste; Matheus Reis, Manuel Ugarte, Pedro Goncalves, Ricardo Esgaio; Francisco Trincao, Marcus Edwards; Paulingho.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait