Merespons Cerita Sandiaga Uno, di Medsos Muncul Gerakan 100 Ribu Dapat Apa

TEMPO | 10 September 2018 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Cerita Sandiaga Uno yang mencontohkan warga Pekanbaru, yang menyebutkan uang Rp 100 ribu hanya dapat bawang dan cabai di pasar menimbulkan kontroversi di media sosial. Belakangan muncul gerakan #100ribudapatapa di media sosial seperti Twitter yang berkembang menjadi viral. 

Sandiaga Uno menceritakan salah satu keluhan masyarakat Pekanbaru, khususnya soal cekcoknya rumah tangga seorang ibu dengan suaminya di Pekanbaru, akibat uang belanja Rp 100 ribu hanya dapat membeli bawang dan cabai di pasar. "Kita bicara ini lepas dari politik praktis, warga terbebani," ujar Sandiaga Uno di GOR Bulungan, Rabu pekan lalu, 5 September 2018.

Pernyataan Sandiaga Uno menuai kritik dari salah satu netizen, Nong Andah Darol Mahmada, yang kemudian memposting videonya di media sosial Facebook-nya, pada Jumat sore, 7 September 2018. Dalam dua video berdurasi 1 menit 53 detik dan 1 menit 17 detik ini diperlihatkan bagaimana Nong mendatangi pasar dan berbelanja ayam, tahu, tempe, bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, beras, dan pepaya hanya berbekal uang Rp 100 ribu.

Nong mengaku biasa berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari di pasar. Karena merasa sangat terganggu dengan pernyataan Sandiaga Uno, dia memvideokan saat berbelanja di pasar itu. "Dari uang 100 ribu ini saya bisa beli: ayam 1 ekor 30 ribu, tahu 10 ribu, tempe 5 ribu, bawang merah dan putih 10 ribu, cabe dan tomat 5 ribu, beras 11.500, pepaya 11.000. Makanan yang sudah lengkap dan bergizi," ujar Nong.

Nong lalu mengajak netizen berbelanja di pasar hanya dengan uang Rp 100 ribu. "Yuk ikutan #100ribudapatapa.. Besok weekend dan buktikan deh langsung kamu belanja dengan uang Rp 100 ribu kamu bisa beli apa aja," ucapnya.

Gerakan dengan hashtag #100ribudapatapa juga diikuti banyak netizen. Tak hanya ibu-ibu, ada juga pria bernama Ahmad Ainun Najib menceritakan pengalamannya berbelanja di Pasar Pagesangan, Surabaya dengan uang Rp 100 ribu pada Sabtu, 8 September 2018.

Salah satu netizen Newsoul dengan akun @ellysuryani menyatakan, uang belanja Rp 100 ribu sudah lebih dari cukup. "Bilang belanja hari-hari itu tergantung kreativitas dan selera. Mau yang mahal atau murah sak karepmu. Kalau beli dengan niat sederhana, Rp 100 ribu bisa dapat banyak untuk makan 3 orang 3 hari. Kalau sedang songong, sekali jajan aja gak cukup. Saya tinggal di Palembang," katanya, Sabtu, 8 September 2018. 

Ainun dengan akun @a_ainunnajib mengaku bisa membeli 1/2 kilogram bawang putih seharga Rp 12 ribu, 1/2 kilogram bawang merah seharga Rp 8 ribu, 1/4 kilogram cabai rawit seharga Rp 6 ribu. "Jahe, kunyit, kencur, serai, daun salam harga paket 5.000. Ayam potong 1/2 kg Rp 17.000. Sama kecap s*dap saset yg 2.000. Alhamdulillah sarapan enak," cuit Ainun.

Netizen lainnya, Heny Mustikasari ikut memposting foto hasil belanjaannya dengan berbekal Rp 100 ribu. di pasar Depok Jaya. "Di pasar Depok Jaya ini hasil #100ribudapatapa , spoiler alert: jajan donat dan pisang tanduk," cuitnya melalui akun Twitter @HenyMustikasari.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait