Kereta Joglosemarkerto DIluncurkan, Bakal Menghubungkan Daerah Wisata di Jateng

TEMPO | 30 November 2018 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kereta Joglosemarkerto akan diluncurkan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 Semarang pada Sabtu, 1 Desember 2018. Kehadiran kereta itu bakal menghubungkan sejumlah kota wisata di wilayah Jawa Tengah. “Peluncuran kereta Joglosemarkerto dilakukan dalam rangka meningkatkan mobilitas masyarakat Jawa Tengah dan sekaligus mendukung program peningkatan kunjungan wisata,” kata Executive Vice President, PT KAI Daop 4 Semarang, Yosita, Jumat 30 November 2018.

Total jarak tempuh kereta Joglosemarkerto mengelilingi jalur rel di wilayah Jawa Tengah sepanjang 579 kilometer. Kereta Joglosemarkerto melayani relasi Semarang - Solo - Yogyakarta - Kroya - Purwokerto - Tegal – Pekalongan.  Kereta itu punya tiga rangkaian yang masing-masing rangkaian terdiri dari  dua  kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk. “Total kereta Joglosemarkerto mempunyai kapasitas 660 tempat duduk dalam setiap perjalanannya,” kata Yosita.

Kereta Joglosemarkerto beroperasi  setiap hari, dengan 3 titik pemberangkatan awal meliputi dari Stasiun Semarang Tawang, pada jam 06.15 WIB, Stasiun Solo Balapan pada jam 06.00 WIB dan Stasiun Purwokerto pada jam 05.00 WIB.

Tiga  rangkaian kereta api itu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan transportasi warga Jawa Tengah untuk koridor penghubung kota - kota di wilayah sekitar Jawa Tengah.  Sedangkan tarif kereta  Joglosemarkerto terbagi dalam berbagai golongan disesuaikan dengan jarak tempuh dan jenis layanan keretanya.  PT KAI juga memberikan diskon khusus sebesar 10 persen.

Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI menyatakan dibukanya relasi baru kereta Joglosemarkerto memberikan pilihan konektivitas relasi relasi tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya. “Sehingga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah - daerah tersebut, " ujar Edi.

Edi Sukmoro yakin kehadiran kereta Joglosemarkerto ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, sehingga waktu tinggal kunjungan selama di Jawa Tengah bisa lebih lama lagi. “Karena nantinya, para wisatawan bisa berkeliling ke kota-kota destinasi wisata seperti Semarang yang ada tempat wisata Lawangsewu, Purwokerto ada Batu Raden, Yogyakarta dan kota-kota lainnya,” kata Edi.

Dengan layanan kereta Joglosemarkerto ini, Edi Sukmoro berharap bisa meningkatkan pemasukan dari sektor pariwisata di Jawa Tengah. Selain itu semakin banyak alternatif transportasi penghubung di kota-kota wilayah Jawa Tengah  dan bisa meningkatkan minat investor dalam berinvestasi.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait