Butet Kartaredjasa Kena Serangan Jantung saat Pementasan Teater

TEMPO | 23 Maret 2019 | 15:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Butet Kartaredjasa mengalami serangan jantung di tengah pementasan teater Kanjeng Sesepuh di Graha Budaya, Taman Ismail Marzuki. Meski begitu, dia tetap menyelesaikan aksi pentasnya setelah sempat pingsan di belakang panggung.

Kondisi kesehatan Butet Kartaredjasa itu diungkapkan oleh penulis cerita teater Kanjeng Sesepuh, Agus Noor di laman Instagramnya. "Tentu saja menjadi cemas menegangkan, suasana di belakang panggung. Sementara di panggung, pentas terus berjalan. Para pemain tak tahu apa yang terjadi dengan Butet," tulis Agus, Sabtu, 23 Maret 2019.

Agus menuturkan, kala itu Butet tergolek pucat seusai melakoni adegan Semar muncul di kuburan. Dalam pentas tersebut, Butet berperan sebagai Semar. Agus langsung memberikan tanda kepada para pemain untuk berimprovisasi tanpa kehadiran lakon Semar.

Ketika pingsan, ujar Agus, tim produksi langsung melakukan pertolongan pertama hingga paramedis datang menolong Butet Kartaredjasa. Menurut dokter yang biasa merawatnya, saat pementasan enzim di jantung Butet naik hingga 100 kali lipat. Kondisi itu yang menyebabkan dia menjadi lemas kemudian pingsan.

Butet Kartaredjasa merasa lebih baik seusai ditangani paramedis. Dia sudah dapat berbicara dan ingin menuntaskan tugasnya sebagai Semar di pentas Kanjeng Sesepuh. "Butet langsung ingin naik ke atas panggung lagi," tulis Agus.

Agus sempat penolak permintaan Butet naik lagi ke panggung karena kondisi kesehatannya yang mengkhawatirkan. "Kamu istirahat dulu. Nyawamu lebih penting dari pentas ini," ujar Agus kepada Butet Kartaredjasa.

Alih-alih menuruti omongan Agus, Butet Kartaredjasa malah tersenyum lebar dan yakin dapat menyelesaikan pementasan dengan baik. "Biarlah saya menuntaskan kewajiban saya dengan terhormat malam ini," kata Butet.

Agus tidak dapat menolak keinginan Butet untuk menyelesaikan pentas tersebut. Dia harap-harap cemas di samping panggung saat Butet Kartaredjasa menunaikan profesinya sebagai seniman yang begitu berdedikasi tinggi untuk pementasan teater.

Butet Kartaredjasa akhirnya berhasil menjalankan kewajibannya sebagai pelakon Semar di pementasan tersebut. Agus menyebutnya sebagai aktor tua yang luar biasa. Butet begitu hebat mengkondisikan tubuhnya untuk memukau para penonton.

Ketika pementasan berakhir, Butet Kartaredjasa langsung dilarikan ke rumah sakit. "Meski ia sebenarnya dia ingin tetap main siang ini dan nanti malam. Doakan yang terbaik buat kesehatannya," kata Agus

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait