Krisdayanti Diperkirakan Lolos ke Senayan

TEMPO | 1 Mei 2019 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Krisdayanti yang maju sebagai calon anggota DPR daerah pemilihan Jawa Timur 5 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan diprediksi melenggang ke Senayan. Krisdayanti  setidaknya telah memperoleh sekitar 24 ribu suara di Kabupaten Malang. Suaranya diperkirakan akan terus bertambah.

"Kemungkinan besar lolos bersama inkumben Ahmad Basarah," kata Ketua PDIP Jawa Timur, Kusnadi, seperti dikutip dari Koran Tempo, Selasa, 30 April 2019.

Wawan Sobari, pengamat politik dari Universitas Brawijaya Malang, menilai faktor popularitas menjadi daya tarik masyarakat memilih istri pengusaha Timor Leste Raul Lemos. Masyarakat, kata Wawan, tak melihat pengalaman politiknya. "Krisdayanti tak bisa dianggap enteng. Dia kuda hitam," ujarnya saat dihubungi Tempo, Selasa, 30 April 2019.

Maju dari daerah pemilihan Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu). Di internal PDIP, Krisdayanti  berebut kursi dengan calon legislator inkumben Ahmad Basarah dan Andreas Eddy Susetyo. Menurut Wawan, Ahmad Basara hanya populer di simpul konstituen. Simpul yang mendukungnya pada Pemilu 2014. Sedangkan Krisdayanti masuk lintas konstituen karena terkenal.

Sampai saat ini Ketua PDIP Kota Malang I Made Rian Diana Kartika belum bisa memastikan siapa saja caleg dari partainya yang lolos dari dapil Malang Raya. Sebab, rekapitulasi suara belum rampung. "Baru rekapitulasi di PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Klojen dan Lowokwaru. Tiga PPK lain belum selesai," katanya, Selasa, 30 April 2019.

Rian Diana menyebutkan, berdasarkan penghitungan semetara, Krisdayanti di urutan kedua di bawah Ahmad Basarah. Di bawah Krisdayanti, ada Andreas dan Sakkan Tampubolon. Penentuan kursi menunggu rekapitulasi tuntas dilakukan. "Belum bisa buka angka. Kalau sudah bener-bener fix aja ya," ujarnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait