Tokopedia dan Warung Pintar Hadirkan Festival Gerakan Warung Nasional

Redaksi | 15 Desember 2019 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tokopedia melalui Mitra Tokopedia bekerja sama dengan Warung Pintar, OVO dan mitra strategis lainnya menginisiasi Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN), yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, di Lapangan Banteng, Jakarta, hari ini (14/12/2019).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki mengungkapkan dukungannya terhadap FGWN. “Kami mendukung tumbuh kembangnya inovasi dalam memajukan ekosistem warung di Indonesia yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk Tokopedia dan Warung Pintar, ” ujar Teten Masduki. 

“Festival Gerakan Warung Nasional merupakan puncak perayaan Gerakan Warung Nasional, sebuah gerakan dari Tokopedia bersama para mitra strategis untuk mengajak masyarakat mengembangkan ekosistem warung. Kami berkomitmen menjembatani pelaku usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, dengan teknologi untuk mempermudah mereka mengembangkan usaha di era digital," ujar CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya.

Warung Pintar merupakan start up yang fokus mentransformasi dan membuka akses bagi para pemilik warung di era digital agar dapat ikut bertumbuh untuk ekonomi masa depan. “3,5 juta warung yang ada di Indonesia merupakan tulang punggung ekonomi bangsa, dan menyediakan lapangan pekerjaan yang setara bagi semua golongan masyarakat. Menurut data internal kami, 58% dari ribuan mitra Warung Pintar adalah juragan perempuan. Hebatnya, mereka berhasil menyumbang 60% dari total penghasilan keluarga. Lewat Festival Gerakan Warung Nasional, Warung Pintar ingin mendukung komitmen para juragan warung yang ingin bertumbuh tanpa batas menggunakan sistem teknologi yang mudah dipakai dan dipahami,” ungkap CEO dan Co-Founder Warung Pintar Agung Bezharie Hadinegoro.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra, menyatakan, “OVO siap mendorong penetrasi pembayaran digital dan akselerasi inklusi keuangan, melalui peran aktif dalam implementasi QRIS,  serta memacu pertumbuhan ekonomi kerakyatan, dengan memperkenalkan  OVO DanaTara, layanan pinjaman modal usaha berbasis teknologi keuangan bagi pemilik warung dan UMKM untuk menerjemahkan visi pemerintah Indonesia.” 

FGWN merangkul berbagai UMKM serta komunitas warung, salah satunya seperti Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) hingga seniman-seniman muda untuk membuat karya kreatif bertemakan kehidupan warung. 

Pendiri SAHARA, Ir. Sharmila, M.Si, mengungkapkan, “SAHARA membantu para pemilik warung khusus yang pengelolanya perempuan untuk dapat memajukan usahanya dengan pelatihan, permodalan dalam bentuk pasokan produk berkualitas secara teratur dan dukungan teknologi yang handal, pemasaran bersama dan bedah warung.”

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait