Sambut HUT RI 72, 7 Presiden Indonesia Dipertemukan Dalam 1 Kanvas

Ari Kurniawan | 15 Agustus 2017 | 06:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebuah pameran lukisan digelar Sohieb Toyaroja dalam rangka menyamnut HUT RI 72.

Dalam pameran yang digelar di Epiwalk, Kuningan, Jakarta Selatan, mulai 12 - 17 Agustus 2017 itu dipamerkan 72 lukisan tokoh nasional dari berbagai latar belakang. Di antaranya Laksamana Malahayati, Sultan Hasanuddin, Sultan Ageng Tirtayasa, Pattimura, HOS Tjokroaminoto, dr Wahidin Sudirohusodo, dr Ciptomangunkusumo, KH Ahmad Dahlan, M Husni Thamrin, Ki Hajar Dewantara, Bung Tomo, Soedirman, Tan Malaka, Haji Agus Salim, M Yasin, KH Ahmad Dahlan, dan KH Hasyim Asyari.

Yang tak kalah istimewa adalah pemunculan lukisan raksasa bergambar tujuh presiden Republik Indonesia dari masa ke masa, yakni Sukarno, Soeharto, BJ. Habibie, Megawati Soekarnoputri, KH. Abdurrahman Wahid, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Joko Widodo atau Jokowi. 

Seluruh lukisan dikerjakan Sohieb tahun lalu selama enam bulan. "Semua mempunyai tingkat kerumitan masing-masing. Ketika saya tak mengenal tokohnya saya mendalami lewat baca sejarah mereka," jelasnya. 

Bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) dan Rajata Kreatif Nusantara, deretan cerita dari setiap lukisan dikemas dalam buku berjudul Perjuangan Menjadi Indonesia Bukan Darah Sia-Sia karangan Roso Daras.

Merwan Yusuf selaku pengamat senirupa dan kurator alumi Ecole Nationale Superieur des Beaux Arts Paris, menjelaskan "Hanya ada dua pelukis yang seperti ini, yaitu Affandi dan Sohieb. Namun baru kali ini saya menyaksikannya gagasan dan penyajian pameran lukisan yang seperti ini. Luar biasa."

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait