Sah! Kahiyang Ayu Resmi Jadi Istri Bobby Nasution

Ari Kurniawan | 8 November 2017 | 09:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kahiyang Ayu resmi menjadi istri Bobby Nasution. Proses ijab kabul berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11). 

Presiden Jokowi bertindak langsung sebagai wali nikah untuk putri tercintanya. 

"Saya nikahkan dan jodohkan anak kandung perempuan saya dengan engkau Bobby bin almarhum Erwin Nasution dengan mas kawin seperangkat alat shalat serta emas 80 gram secara tunai," ucap Jokowi, yang langsung dijawab Bobby dengan lantang.  

Wakil presiden Jusuf Kalla dalam acara ini bertindak sebagai saksi dari pihak mempelai wanita. Sementara saksi dari pihak Bobby Nasution adalah Menko Perekonimian Darmin Nasution.

"Saya Muhammad Bobby Afif Nasution bin Erwin Nasution berjanji dengan seungguh hati bahwa saya akan mempergauli istri saya yang bernama Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan baik menurut ajaran Islam," Bobby mengucapkan janji di hadapan sang mertua.

Setelah akad nikah, digelar prosesi adat jawa panggih. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan kedua mempelai, di antaranya liron kembar mayang atau saling menukar kembang mayang dengan arti dan tujuan bersatunya cipta, rasa, dan karsa demi kebahagiaan dan keselamatan.

Setelah itu ngidak endhog atau ijak telur. Mempelai pria menginjak telur ayam lalu dibersihkan kakinya oleh mempelai wanita. Bagian ini sebagai lambang seksual kedua pengantin telah pecah pamornya.

 

(ari / gur)

 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait