Sampah Menumpuk di Bidara Cina Usai Banjir Setinggi 2 Meter

TEMPO | 8 Februari 2018 | 09:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banjir yang merendam kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur, mengakibatkan tumpukan sampah di jalan. Sampah perabot rumah, seperti kasur dan lemari, dibuang begitu saja di pinggir jalan.

"Udah nggak bisa dipakai lagi, Mas. Disimpan juga percuma," ujar Mahmud Amin, warga Bidara Cina, saat ditemui Tempo di rumahnya, Rabu (7/2). Saat ditemui, dia tengah sibuk mengangkut spring bed untuk dibuang.

Mahmud adalah satu di antara banyak warga Jalan Tanjung Lengkong, Kelurahan Bidara Cina, yang kemarin membersihkan lumpur yang dibawa banjir Jakarta. 

Dari pantauan di lokasi, warga banyak membuang perabot mereka yang sudah tidak terpakai di pinggir jalan. Bahkan, jalan Tanjung Lekong dari RT 07 - 15 dipadati tumpukan sampah perabotan. Tidak hanya perabot, sampah elektronik berupa radio dan televisi.

Banjir hingga setinggi dua meter menenggelamkan tujuh RT di Kelurahan Bidara Cina. Sekitar 700 warga harus mengungsi ke kantor Kelurahan Bidara Cina.

Hingga Rabu sore, banjir sudah surut di beberapa tempat. Namun masih ada beberapa kawasan yang terendam hingga setinggi dada orang dewasa sehingga kantor kelurahan Bidara Cina masih dipadati pengungsi.

Selain peralatan rumah tangga, banyak kendaraan warga yang juga ikut terendam banjir Jakarta. Di beberapa rumah, terlihat beberapa unit mobil yang terparkir di garasi. Menurut pengakuan warga, mobil dan sepeda motor itu ikut terendam banjir kemarin. "Itu ga dibuang, mas. Dibenerin lah," ujar Mahmud.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait