Yovie Widianto Bicara Soal Penyanyi Yang Kebanyakan Improvisasi. Sindir Siapa?

Wayan Diananto | 27 Agustus 2018 | 09:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Yovie Widianto (50) membekali putranya, Arsy Widianto (18), dengan teknik vokal dan kiat menghayati lagu saat merekam materi album baru. Yovie Widianto mengingatkan Arsy bahwa teknik menyanyi sangat penting di atas panggung, namun penjiwaan terhadap lirik lagu tak kalah penting. Apalagi, saat merekam lagu di studio.

"Kalau baru intro saja, si penyanyi sudah bersenandung 'hiyeeehuooo' itulah tanda-tanda akan terjadi kecelakaan di lagu itu. Maka jangan tertipu oleh kemampuan vokal si penyanyi karena pada akhirnya di studio, nyawa sebuah lagu lebih penting daripada teknik," beri tahu Yovie Widianto dalam wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com di Yogyakarta belum lama ini.

Yovie Widianto menambahkan, bukan berarti teknik menyanyi dan lengkingan menjadi tidak penting saat menyanyi. Berkaca pada pengalaman penyanyi legendaris Brian McKnight saat membawakan hit "One Last Cry," lengkingannya terdengar tulus dan sangat menyentuh. Lain jika sejak awal ia berniat memamerkan teknik vokal yang tinggi. Lagu itu tentu tidak terdengar menyentuh.

"Saat seorang penyanyi berniat pamer kemampuan vokal di studio, pendengar akan terpukau namun tak terkesan. Mereka tidak ingin mendengarnya lagi dan lagi. Jadi biarkan teriakan dan lengkingan itu digerakkan oleh hati. Dengan begitu, lengkingan muncul karena memang dibutuhkan. Bukannya dipaksakan hadir biar dipuji pendengar," Yovie Widianto menukas. Ditanya soal siapa penyanyi yang ia maksud, Yovie menjawab ia tak mengarah pada penyanyi tertentu.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait