Kini Alfie Alfandy Tak Berani Lagi Menyentuh Narkoba dan Minuman Beralkohol

Wayan Diananto | 16 Agustus 2014 | 16:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nyaris tewas overdosis, membuat Alfie Alfandy jera. Sampai di sini Alfie jera. Jera dengan sabu. Beralih ke lintingan ganja. Belum kapok. Sampai akhirnya, Allah melayangkan teguran keras. 

Bandar ganja yang biasanya disambangi Alfie diciduk polisi. Dari kesaksian si bandar, polisi merunut simpul ganja yang berujung pada penangkapan sepupu Alfie. Pensiun sebagai penikmat ganja, Alfie hijrah ke alkohol. 
    
Sampai keajaiban datang pada malam Idul Adha 2013. Malam itu, Alfie bermain gitar di sebuah gardu ditemani sebotol Southern Comfort dan sebotol Vodka. Sekitar 150 meter dari tempat ia memetik gitar, ada masjid. Beberapa remaja masjid berarak mendekat. Mereka melantunkan asma Allah, "Allahu akbar. Allahu akbar. Allahu akbar. Allahu akbar walillaahilham...." 
    
Entah dari mana asalnya, tiba-tiba terdengar suara lembut membisik di kuping Alfie, "Ya Allah, apakah saya akan mati kafir? Saya melihat masjid. Orang-orang menjalankan takbiran. Saya Islam. Dan saya di sini menenggak minuman keras." Baru saja Alfie mau menjawab pertanyaan itu, seorang teman berujar, "Eh, kita pergi ke K***, yuk?"
    
"Mau ngapain ke sana?" Alfie bertanya. "Mau beli dumolid." Tergiur, Alfie ikut teman membeli obat. Sementara suara yang lembut itu terus menggelayut di benak. Beberapa minggu kemudian, ia dihubungi sebuah rumah produksi untuk syuting FTV di Bromo, Jawa Timur. 

Ketika syuting, salah seorang pemain berceloteh, "Jangan bergaul terlalu akrab dengan Alfie, dia, kan enggak (pernah) salat."
    
Celotehan itu seketika menampar mukanya. Ingin tersinggung, tapi apa yang dibilang teman itu benar adanya. Ucapan itu seperti belati yang menusuk dada. Sakit sekali. Beberapa minggu kemudian, ia dikabari lolos kasting film Hijrah Cinta. Diterima memerankan almarhum Jefri Al Buchori. Kalau melakonkan Uje tapi masih gemar menenggak miras, itu munafik namanya.
    
Karenanya, untuk menyelami peran Uje, Alfie mulai mengaji. "Tanpa disengaja, saya membuka Alquran dan menemukan ayat yang bunyinya begini: Allah mempersiapkan bagi kaum laki-laki dan perempuan yang munafik bersama orang-orang kafir, yaitu neraka jahanam dan mereka akan menetap di sana," Alfie menukas. 

Serasa disiram air panas, ia sontak menutup Alquran. Sejak itu, ia tidak berani menyentuh narkotika dan alkohol lagi. "Saya tidak mau itu terjadi pada hidup saya," pungkasnya.

(wyn/adm)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait