Tangis Hanung Bramantyo Pecah di Hadapan Ratusan Orang

Ari Kurniawan | 19 Juni 2019 | 17:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Falcon Pictures merilis poster film Bumi Manusia. Acara berlangsung Rabu (19/6), di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Hadir pemeran utama film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jongh, serta sutradara Hanung Bramantyo. Hanung sangat emosional saat memberi kata sambutan. 

Di hadapan ratusan orang yang hadir, Hanung Bramantyo mengenang momen dirinya harus sembunyi-sembunyi saat membaca novel Bumi Manusia, karya Pramoedya Ananta Toer. 

"Di umur 17 tahun, saya membaca Bumi Manusia sambil sembunyi, karena takut ditangkap polisi. Hari ini saya bersyukur sekali kalian bisa merayakan film ini. Itu point buat saya," ucap Hanung Bramantyo. 

Dari sulitnya mengakses kisah Minke di Bumi Manusia, Hanung tak pernah membayangkan novel tersebut bisa diangkat ke layar lebar. Terlebih dia yang ditunjuk sebagai sutradara.

"Saya tidak pernah membayangkan karya Pak Pram bisa dinikmati seperti ini. Saya bayangkan Pak Pram kalau duduk di sini dia akan bangga sekali," tutur Hanung Bramantyo, sambil terisak.

"Saya menangis, ini bukan akting, demi Allah," imbuh suami Zaskia Adya Mecca itu.

Film Bumi Manusia akan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia mulai 15 Agustus 2019. Selain Iqbaal Ramadhan dan Mawar Dr Jogh, film ini juga menghadirkan Sha Ine Febryanti, Donny Damara, Giorgino Abraham, dan Jerome Kurniawan. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait