Jelang Lebaran, Bongky Ajak Masyarakat Aktif Membayar Zakat

tabloidbintang.com | 29 April 2022 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mantan personil band Slank, Bongky, menyebut profesi musisi sangat erat dengan yang namanya berbagi.

"Musisi itu kan memang membagikan karyanya untuk publik. Jadi kami sudah dekat dengan yang namanya berbagi," ujar Bongky, di sela 'Kongkow Bareng Musisi Berbagi' yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Kamis (28/4).

Menurut Bongky, peran musisi dalam pendistribusian zakat juga penting karena penyaluran zakat butuh juga rasa. Keterlibatan musisi juga diyakini bisa meningkatkan minat masyarakat untuk berzakat.

"Saya sering menyebut jika saat ini harus dicanangkan Revolusi Berbagi. Berbagi itu harus dipaksakan, jangan cuma diimbau atau didorong saja. Makin banyak yang berbagi, Indonesia akan semakin bahagia," ujar Bongky.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua BAZNAS, Mokhamad Mahdum, mengatakan zakat bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk musisi.

"Tidak hanya bagi yang berpeci dan gamis atau yang ibadahnya sudah baik. Tidak ada di dalam Al Quran yang menyebut boleh berzakat kalau sudah shalat," ujar Mahdum dalam sambutannya.

Mahdum melanjutkan, acara yang dikemas dengan santai bersama musisi ini bertujuan selain untuk memberi hiburan kepada masyarakat, juga untuk mengampanyekan kebaikan berzakat.

"Dengan acara yang ringan dan santai ini, kita ingin mengajak masyarakat berperan dalam keindahan berzakat, salah satunya melalui musik," kata Mahdum yang juga didampingi pimpinan BAZNAS, Rizaludin Kurniawan ini.

Selain itu, lewat acara ini, BAZNAS juga memfasilitasi masyarakat untuk berdonasi bersama guna membantu kebangkitan mustahik sekaligus memberi hiburan kepada masyarakat secara digital.

'Kongkow Bareng Musisi Berbagi ini juga ditayangkan langsung di YouTube BAZNAS TV. Sejumlah musisi papan yang mengisi acara, di antaranya Bongky (eks Slank), Yuke Sampurna (Basis Dewa 19), Irang (Vokalis BIP), Pay Burman (Eks Slank), Cozy (Republik), Najwa Maulida (Sulis Millenial), Congrats dan Shabil (Vokalis Slag).

"Kami berterima kasih atas partisipasinya, mudah-mudahan industri musik semakin maju, kemudian hak-hak musisi dan komposernya semakin adil, tak terdzalimi. Tiap lagu yang dinyanyikan penyanyi, komposernya dapat hak," pungkas Mahdum.

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait