Tak Gratis, Yana Zein Sempat Nunggak Pembayaran RS di Cina

Abdul Rahman Syaukani | 9 Juni 2017 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nita, asisten almarhumah Yana Zein bercerita tentang biaya pengobatan rumah sakit di Tiongkok, Cina, selama empat bulan. Menurut Nita, tidak semua biaya pengobatan Yana Zein di Cina gratis. Ada yang harus dibayar sendiri. Salah satunya sewa kamar.

"Dia menempati kamar VIP. Harusnya bayar 2 juta, tapi dapat diskon cuma bayar 1 juta per malam. Per malam kami bayarnya 500 Yuan," kata Nita kepada Tabloidbintang.com.

Bahkan sebelum pulang ke Indonesia, Yana Zein sempat menunggak pada rumah sakit sebesar 90-an juta rupiah.

"Ibunya Mbak Yana kirim 80 juta. Mbak Yana bilang, Sus kamu turun ke bawah ke kasir tanyain ada lebih enggak duit itu? Aku tanya dengan bawa penerjemah namanya Karin, tolong bilangin aku minta duit lebih yang dikirim dari Indo. Kasirnya bilang gini, di sini enggak lebih apa-apa. Kalian ini masih punya tunggakan 90 juta-an," ungkap Nita menirukan perkataan sang kasir.

Mendapat informasi dari pihak keuangan rumah sakit, Nita langsung menceritakan hal itu kepada Yana Zein.

"Aku naik ke atas aku cerita ke Mbak Yana, kita enggak punya duit lebih, kita masih punya hutang 90 juta-an. Mbak Yana bilang itu enggak usah dipikirin perwakilan Indonesia di sini juga nyumbang, itu urusannya perwakilan," tuturnya menirukan perkataan Yana Zein.

Ketika Yana Zein hendak pulang ke Tanah Air, Nita kembali mengecek ke bagian keuangan rumah sakit untuk mengetahui apakah tunggakan rumah sakit sudah lunas atau belum.
 
"Akhirnya dikatakan, kalian sudah enggak punya tunggakan apa- apa, boleh pulang besok pagi jam 5," katanya.

Jika dikalkulasi semuanya, biaya pengobatan Yana Zein di Cina menghabiskan biaya sekitar 800 juta yuan atau sekitar 1,6 miliar rupiah.

(man/ari)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait