Ini Tujuan Galih Loss Bikin Konten yang Diduga Menistakan Agama

Ari Kurniawan | 26 April 2024 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TikToker Galih Noval Aji Prakoso jadi tersangka dan ditahan karena membuat dan menyebarkan konten yang dianggap mengandung unsur penistaan agama.

Dalam kontennya, pemilik nama lengkap Galih Noval Aji Prakoso itu melakukan tanya jawab dengan seorang anak kecil. Galih menanyakan hewan apa yang bisa mengaji. 

Si bocah tidak bisa menjawab. Galih Loss lantas menyampaikan jawaban bahwa hewan yang bisa mengaji adalah serigala, namun dengan memplesetkan kalimat Taawudz.

"Auuuuuu (mengaum seperti suara serigala).... dzubillahiminasyaitonirojim," ucap Galih dalam video.

Saat dihadirkan di hadapan media pada Jumat (26/4), Galih Loss mengaku tidak punya niat untuk menistakan agama. Ia berdalih, konten tersebut hanya untuk hiburan semata.

"Tujuannya untuk menghibur," kata dia di Polda Metro Jaya.

Pada kesempatan itu, Galih Loss menyampaikan penyesalannya. Ia meminta maaf dan berjanji untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

"Saya ingin meminta maaf kepada seluruh umat muslim atas perbuatan yang saya buat dan kegaduhan di sosial media. Saya minta maaf sebesar-besarnya," ungkapnya.

Galih Loss dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta Pasal 156 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait