Rittar Rajagukguk Meraih Berbagai Penghargaan Lewat Seni Fotografi Bayi

Agestia Jatilarasati | 23 September 2018 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dari mulut ke mulut, nama Rittar Rajagukguk menggaung sebagai fotografer bayi baru lahir handal Tanah Air. Tak hanya kalangan biasa, sejumlah pejabat hingga anak pasangan seleb tanah air pun menjadi klien dari Rittar. Sebut saja anak dari pasangan Ashanty – Anang, dan Sarwendah-Ruben Onsu. 

“Namun yang membuat saya dikenal masyarakat adalah ketika memotret anak Gisella-Gading Marten, Gempi. Hal itu karena foto Gempi berhasil meraih penghargaan kategori Recognition of Merit dari National Association of Professional Child Photographers (NAPCP) 2016,” ungkapnya.

Namun, itu bukan kali pertama Rittar memperoleh penghargaan internasional. Tahun 2011, ia mendapatkan penghargaan peringkat pertama dari Nikon Indonesia Photo Competition. Kemudian ia mendapatkan penghargaan peringkat ketiga dari NAPCP kategori ‘baby’ di tahun 2012 dan kategori ‘maternity’ di ajang yang sama setahun setelahnya. Terakhir, berhasil terpilih sebagai Newborn Photography Award di tahun 2017.

Memiliki segudang prestasi tak membuatnya pelit ilmu. Setiap 2 bulan sekali, Rittar membuka kelas bagi siapa saja yang tertarik menekuni bidang seni fotografi bayi baru lahir. 

“Saya buka kelas karena keresahan saya melihat banyak orang yang berminat, namun enggak tahu harus belajar ke mana dan akhirnya main coba-coba saja. Hal mendasar seperti mana yang boleh dan tidak saat memotret bayi, atau soal keamanan dan kenyamanan bayi saat berpose, itu harus diperhatikan. Makanya saya ingin mengedukasi sesama fotografer tentang hal itu juga, untuk memperluas industri ini. Soal apakah jadi takut saingan bertambah, saya enggak takut karena orang membeli karya seni bukan semata karena bagus saja tetapi juga rasa. Rasa itu pasti akan berbeda antara seniman satu dengan lainnya,”  tutupnya.

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait