Saat Berumur 52 Tahun, NH Dini Sudah Berwasiat Minta Dikremasi Jika Meninggal

TEMPO | 5 Desember 2018 | 15:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nvvelsi NH Dini  meninggal setelah mengalamai kecelakaan pada selasa petang, 4 Desember 2018. Pengarang yang juga ibunda dari sutradara film Minions, Pierre Coffin, itu kemudian dibawa ke Rumah Sakit Elisabeth, Semarang. Kabar itu disampaikan Kepala Bagian Humas rumah sakit Elisabeth Semarang, Probowatie Tjondronegoro, saat dihubungi Selasa petang.

“Benar karena kecelakaan di jalan tol, ada truk tak kuat mundur aku tak jelas,” kata Probowatie, lewat sambungan telepon.Ia menjelaskan NH Dini sampai di UGD rumah sakit dalam kondisi tak sadar, namun dikabarkan meninggal beberapa saat kemudian.

Wanita bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin ini lahir di Kota Semarang pada 29 Februari 1936. Dia menerbitkan puluhan novel. Beberapa judul di antaranya yang populer adalah Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975), Namaku Hiroko (1977), Orang-orang Tran (1983), Pertemuan Dua Hati (1986), dan Hati yang Damai (1998).

Jenazah NH Dini disemayamkan di Wisma Lansia Harapan Asri, Semarang. Jenazah NH Dini akan dikremasi di pemakaman Kedungmundu Semarang pada Rabu, 5 Desember 2018 pukul 12.00. Hal ini sesuai dengan wasiat yang pernah dia tulis pada 1991 lalu.

Saat berumu 52 tahun NH Dini sudah memikirkan soal kematian. Dia bahkan mengantarkan sendiri surat wasiat itu ke Kantor Notaris Nyonya Lenie Hardjanto Lubis di Semarang, tempat tinggalnya. Isinya: Dini minta dibakar saja kalau kelak ia meninggal. Seperti ditulis Majalah Tempo edisi 20 Juli 1991, Dini menjelaskan alasannya. "Lebih praktis dibakar, tidak membutuhkan tanah kuburan," ujar sastrawan ini.

Harga tanah yang terus naik dan jumlah orang yang terus bertambah juga jadi pertimbangannya. "Tanah lebih penting untuk bertani, bukan untuk kuburan," kata NH Dini yang juga anggota Green Peace, organisasi pecinta lingkungan. NH Dini lebih senang kalau tanah 2 x 1 meter untuk kuburannya dipakai menanam mangga atau buah lain yang bermanfaat bagi manusia.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait