Wanita Sarat Prestasi di Balik Layar Perak: Titien Wattimena 

Yuriantin Senin, 22 April 2019 21:50:20
Titien Wattimena (Markuat / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Ada peran wanita di balik layar industri perfilman Indonesia. Sebagian dari mereka lekat dengan prestasi. Namun nama mereka mungkin masih asing di telinga para pencinta film. Dalam kesempatan ini, mari kita mengenal salah satu sosok wanita yang berjasa di balik lahirnya sebuah film, Titien Wattimena.

Dilan 1991 menjaring lebih dari 5 juta penonton. Salah satunya, berkat kepiawaian Titien Wattimena (42). Ia berhasil merancang alur cerita yang membuat penonton baper. Ini bukan kali pertama, Titien menghasilkan skenario jempolan. Lebih dari 30 skenario film telah ia lahirkan. Nama Titien kerap masuk dalam nominasi penulis skenario terbaik Festival Film Indonesia (FFI). 

Ia mengawali karier sebagai asisten sutradara untuk klip video, iklan televisi, dan profil video. Titien menulis skenario kali pertama untuk Mengejar Matahari (2004) di mana ia juga menjadi asisten sutradara. Kariernya sebagai penulis skenario berjalan sambil tetap menjadi asisten sutradara film. Kini, ia bekerja penuh sebagai penulis skenario. 

Titien mengaku kemampuan bertahan jadi tantangan terbesar selama 15 tahun kariernya. "Karena manusia tidak bisa selamanya kreatif dan punya ide yang luar biasa. Kita bisa mendadak stuck, tidak tahu harus membuat atau menulis apa. Tapi meninggalkan bukan pilihan apalagi menyerah," beri tahu peraih Piala Citra untuk Penulis Skenario Adaptasi terbaik FFI 2018 ini.

Ia yakin dengan jalan karier yang telah dipilihnya dan menganggap tak pernah ada rasa duka dalam profesinya. "Tidak ada yang pantas disebut duka. Istilah duka itu terlalu berat. Paling mentok panik dan mulas jika mendekati deadline saat tulisan masih jauh dari selesai," canda wanita yang sedang menunggu film yang ditulis dan diproduserinya berjudul Ambu, rilis bulan depan. 

(yuri / gur)


Penulis Yuriantin
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore