Selebgram Ayana Moon Sempat Tak Percaya Adanya Tuhan, Akhirnya jadi Mualaf

Supriyanto | 20 April 2021 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Model dan selebgram cantik asal Korea Selatan Ayana Jihye Moon mengaku sempat tak percaya adanya Tuhan. Apalagi keluarganya di Korea juga tak pernah memberikan edukasi soal agama.

Namun setelah menemukan hidayah setelah mempelahari Islam, influencer yang terkenal di kalangan muslimah, khususnya di Indonesia dan Malaysia itu memutuskan mualaf di usia labil, saat duduk di bangku SMA.

"Aku (sebelum mualaf) enggak punya agama," ungkap Ayana Moon saat menjadi bintang tamu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di channel YouTube RANS Entertainment belum lama ini.

Wanita kelahiran 28 Desember 1995 yang memutuskan masuk Islam sejak 9 tahun lalu itu pun menceritakan perjalanan spiritualnya hingga menemukan hidayah hingga menutup semua aurat dengan berhijab.

Ternyata, Ayana Moon muda saat itu sangat gemar membaca buku soal budaya. Bahkan Ayana menganggap ibadah salat umat muslim sesuatu yang aneh.

"Waktu itu saya masih di SD. Waktu itu saya suka belajar tentang budaya, baca buku. Saya nonton news di TV ada perang Irak. Jadi saya nonton wanita muslim pakai jilbab, menutup aurat, dan salat itu aneh," ungkap Ayana Moon.

Yang sangat menyentuh hati Ayana Moon adalah tatkala mengetahui haram bagi umat Islam memakan babi. Padahal sebelum mualaf, Ayana Moon sering konsumsi daging babi dan dirasa nikmat.

"Tidak makan babi tapi di Korea semua makan babi. Waktu itu, saya pikir merasa babi itu enak banget, tapi kenapa mereka tidak makan babi? Jadi pengin tahu," ungkap Ayana Moon.

Dari situ, Ayana Moon memulai mempelajari agama Islam. Saat itu Ayana Moon mengenal Islam bukan sebagai agama, tapi sebagai budaya.

"Jadi saya belajar tentang Islam sebagai budaya selama 10 tahun. Akhirnya masuk Islam ketika saya masih di SMA," beber Ayana Moon.

Lantas bagaimana respons keluarga tatkala mengetahui Ayana Moon menjadi mualaf?

Ayana menceritakan, keluarganya di Korea sempat mengira dirinya main-main. Sampai akhirnya Ayana Moon memilih pindah ke Malaysia untuk lebih memperdalam Islam dan membuat keluarganya syok.

"Sebenarnya waktu itu, ketika saya bilang masuk Islam mereka syok. Cuma mereka pikir saya enggak serius. Tapi, waktu saya ke Malaysia mereka syok. Karena saya mau belajar tentang Islam di Korea enggak bisa," pungkas Ayana Moon.

Banyak pengalaman religius yang dialami Ayana Moon. Hingga saat ini Ayana Moon tetap menjaga iman memeluk Islam dan mengenakan hijab. Ia pun dikenal mualaf yang banyak menginspirasi.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait