Wujukan Mimpi Jadi Animator Profesional, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Ari Kurniawan | 23 Desember 2019 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ilustrator Indonesia Christ Lie hadir di booth SMK Raden Umar Said (RUS) di ICEFEST 2019. Pria yang ikut mendesain karakter GI-Joe hingga Transformers ini berbagi ilmu seputar dunia animasi secara cuma-cuma kepada para pengunjung.

Dikatakan Christ Lie, profesi ilustrator maupun animator semakin menjanjikan. Termasuk di Indonesia. 

"Ini saatnya sih. Karena sekarang hampir semua film di bioskop, baik animasi maupun yang menggunakan special effect, industri entertainment, akan butuh animator. Banyak juga animator Indonesia yang sudah bekerja di luar negeri," tuturnya. 

Nah, bagi kamu yang punya ketertarikan untuk menjadi animator profesional, Christ Lie berbagi beberapa masukan. 

1. Masuk Sekolah Kejuruan
Buat kalian yang punya keinginan besar untuk jadi animator, setelah lulus SMP ada baiknya langsung memilih sekolah kejuruan atau SMK. "Lebih baik langsung fokus di bidang yang kalian inginkan," kata Christ Lie.

2. Rajin Mengasah Kemampuan
Keinginan dan bakat yang ada, tentu akan lebih maksimal jika terus diasah. Menurut Christ Lie, cara paling efektif untuk mempertajam skill ialah terus menggambar. "Walau sekarang banyak animasi bentuknya 3D, untuk menggerakkan desain tetap berawal dari menggambar".

3. Mengatami Karya Orang Lain
Sambil terus mengasah kemampuan pribadi, sesekali mengamati hasil karya orang lain juga cukup penting. Tujuannya adalah untuk bisa mengukur kemampuan sekaligus mencari inspirasi baru supaya bisa terus berkembang. 

4. Mengukuti Perkembangan Teknologi
Teknologi animasi terus bergerak maju. Oleh karenanya penting bagi para animator untuk terus memperbaharui informasi tentang perangkat terbaru. "Makin ke sini teknologi makin cepat. Kalau belajarnya terlambat akan ketinggalan," bilang Christ lie. 

5. Magang 
Christ Lie mengatakan Indonesia memiliki banyak animator berbakat. Namun, fasilitas pendukungnya masih sangat kurang. Oleh karena itu, Christ sangat menyarankan mereka yang hendak terjun sebagai animator profesional untuk lebih dulu menjalani program magang di studio yang memiliki fasilitas dan teknologi maju. "Bisa coba magang di studio animassi yang ada di Bandung, Jakarta, Malang, jadi bisa belajar lebih banyak," pungkasnya. 

Tak hanya Christ Lie, selama 11 hari, para siswa jurusan animasi dari SMK RUS juga aktif berbagi pengetahuan seputar animasi. Setiap harinya akan ada beragam aktivitas di booth T826-T827 yang ditempati SMK binaan Djarum Foundation itu. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait