10 Lagu K-Pop Terpopuler Tahun 2016 (1)

Andira Putri | 27 Desember 2016 | 17:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun 2016 bisa dibilang sebagai tahunnya girlband di industri musik K-Pop. Sejumlah girlband, baik itu senior maupun junior, sukses mencetak hits sepanjang tahun ini. Karena itu, tidak heran bila daftar 10 lagu K-Pop terpopuler tahun 2016 versi tabloidbintang.com didominasi oleh girlband.

Lalu bagaimana dengan boyband? Mereka cenderung kalah bersinar tahun ini. Hanya ada dua lagu boyband yang masuk dalam daftar tahunan tabloidbintang.com ini. Lagu apa saja yang jadi lagu K-Pop terpopuler di tahun 2016? Simak daftar lengkapnya di bawah ini:

1. 'Cheer Up' - TWICE

Baru setahun debut, popularitas TWICE langsung meroket berkat lagu 'Cheer Up'. Lagu ini berhasil merajai tangga lagu Korea Selatan ketika pertama kali dirilis pertengahan April lalu.

Orang-orang menyukai lagu 'Cheer Up' karena lirik yang mudah diingat (shy shy shy!), koreografi lucu serta penampilan personel TWICE yang cantik. Sekilas alasan kepopuleran 'Cheer Up' terlihat sederhana. Namun, alasan sederhana itu yang sebetulnya menjadi resep utama kesuksesan musik K-Pop merambah masyarakat luas dari tahun ke tahun.

Popularitas 'Cheer Up' memuncak ketika lagu ini berhasil menyabet penghargaan Song of the Year dalam Melon Music Awards dan MAMA 2016.

2. 'Blood, Sweat, and Tears' - BTS

BTS coba beradaptasi dengan trend 2016 lewat lagu 'Blood, Sweat, and Tears'. Untuk lagu ini, BTS mengusung genre tropical house yang kini marak dinyanyikan oleh musisi Barat. Hasilnya tidak mengecewakan. 'Blood, Sweat, and Tears' terasa kekinian meski tetap menampilkan kekuatan rap yang jadi ciri khas BTS.

'Blood, Sweat, and Tears' juga mengantar BTS menjadi salah satu boyband yang patut diperhitungkan di tahun 2016. Album terbaru BTS, Wings yang memiliki single andalan 'Blood, Sweat, and Tears' kerap mencetak prestasi tahun ini. Wings berhasil terjual sebanyak 500.000 kopi di minggu pertama pre-order albumnya. Wings juga menjadi album K-Pop terlaku di tangga lagu Billboard. Prestasi ini mengantar BTS memenangkan penghargaan Album of the Year di Melon Music Awards 2016 dan Artist of the Year di MAMA 2016.

3. 'Monster' - EXO

Eksistensi EXO di kancah musik K-Pop seakan tidak terbendung meski sudah empat tahun berkarir. Sejumlah single andalan EXO di tahun 2016 sanggup merajai tangga lagu Korea Selatan ketika dirilis. Salah satunya adalah 'Monster'. Lagu ini terbilang istimewa karena menampilkan sisi berbeda EXO. EXO tidak lagi membawa genre R&B/funk dan coba bereksperimen dengan musik elektronik/hip-hop untuk 'Monster'. Gaya penampilan EXO yang biasanya rapi juga berubah jadi rebel untuk 'Monster'.

Selain itu di tahun 2016, EXO kembali menciptakan rekor. Album teranyar EXO, EX'Act terjual sebanyak 1 juta kopi. Ini adalah album ketiga EXO yang terjual sebanyak 1 juta kopi setelah XOXO di tahun 2013 dan EXODUS di tahun 2015. 

4. 'Whistle' - Blackpink

Ketika 2NE1 tidak lagi aktif, YG Entertainment menghadirkan Blackpink sebagai obat rindu. Girlband ini muncul dengan konsep kuat dan unik yang sekilas mirip dengan 2NE1. Meski kerap dibandingkan, Blackpink mencoba keluar dari bayang-bayang 2NE1 dengan lagu debut mereka 'Whistle'.

'Whistle' masih bernuansa hip-hop, tetapi memiliki tempo sedang yang berbeda dengan lagu-lagu 2NE1. Irama lagu 'Whistle' mudah ditirukan dimana Anda pasti akan bersiul-siul setelah mendengar lagu ini. Lewat 'Whistle', Blackpink berhasil menjadi girlband K-Pop tercepat yang memenangkan program musik K-Pop. Kesuksesan Blackpink berlanjut ketika mereka memenangkan penghargaan Best New Artist di Melon Music Awards 2016.

5. 'Very Very Very' - IOI

'Very Very Very' menjadi single pamungkas IOI sebelum bubar di awal 2017. Jebolan kompetisi Produce 101 ini memang hanya dikontrak sebagai girlband selama setahun. 'Very Very Very' mampu menjadi penutup yang manis untuk karir IOI. Lagu ini menyenangkan untuk dinyanyikan karena memiliki lirik lucu dengan tempo cepat. Sekali mendengar 'Very Very Very', Anda pasti susah melepas reffrain lagunya dari kepala.

'Very Very Very' pun berhasil mengantar IOI memenangkan penghargaan Best New Female Artist dalam MAMA 2016. Benar-benar akhir yang sempurna untuk IOI!

(dira/yb)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait