Jangan Bercerai Bunda Disemprit KPI Gegara Ada Adegan Ini

Indra Kurniawan | 30 Mei 2023 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SinetronJangan Bercerai Bunda yang tayang setiap malam di RCTI mendapat sanksi dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Sanksi diberikan akibat ada salah satu adegan pada episode yang tayang 2 Mei 2023 melanggar aturan yang berlaku.

Dilansir laman resmi KPI, Jangan Bercerai Bunda dinilai telah melanggar aturan dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012 dengan mempertontonkan beberapa adegan perundungan di lingkungan sekolah pada episode yang tayang 2 Mei 2023.

Perundungan yang dimaksud berupa membuat jebakan menggunakan tepung di atas pintu, mendorong siswa lain hingga tersungkur di lantai dan menginjak tangan menggunakan kaki hingga menyekap dan mengikat tangan di dalam gudang.

"Program Siaran Jangan Bercerai Bunda yang ditayangkan oleh stasiun RCTI pada tanggal 2 Mei 2023 mulai pukul 22.26 WIB dengan klasifikasi R-BO menampilkan beberapa adegan bullying di lingkungan sekolah," tulis KPI dalam surat bernomor 13/K/KPI/31.2/05/2023.

"(Bullying-nya) antara lain membuat jebakan menggunakan tepung di atas pintu, adegan seorang siswa yang mendorong temannya hingga tersungkur di lantai dan menginjak tangan menggunakan kaki, menyekap dan mengikat tangan di dalam gudang. Muatan serupa juga ditemukan pada tanggal 3 Mei 2023," lanjutnya. 

Sanksi Administratif Jangan Bercerai Bunda dari KPI

Tergolong program klasifikasi R, tidak seharusnya Jangan Bercerai Bunda menampilkan muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku yang tidak pantas dan/atau membenarkan perilaku yang tidak pantas tersebut sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari.

KPI akhirnya menjatuhkan sanksi administratif berupa teguran tertulis kepada sinetron yang dibintangi Revalina S. Temat, Fandy Christian, Andi Annisa, dan Samuel Zylgwyn. Keputusan itu mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yaitu 10 Mei 2023. 

Ini bukan sinetron RCTI pertama yang kena tegur KPI. Sebelumnya pernah ada Tukang Bubur Naik Haji, Ayah Mengapa Aku Berbeda, Anak Jalanan, Anak Langit, Romantis Picisan, Cinta Dari Surga, Anugerah Cinta, dll.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait