Mawar De Jogh hingga Isyana Sarasvati Ambil Bagian di Konser Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi

Ari Kurniawan | 25 April 2024 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta) menghadirkan sebuah karya monumental.  

Pementasan konser musikal bertajuk "Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai", akan digelar pada 25 April 2024, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Konser musikal ini merupakan salah satu implementasi program Merdeka Belajar yang bertujuan untuk mengekspresikan karya melalui pembelajaran yang relevan dan menyenangkan. Selain penampilan dari para siswa dan guru SMM Yogyakarta, ada juga penampilan seniman ternama Tanah Air yang akan berkolaborasi bersama.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Mamarim, menyebut SMKN 2 Kasihan adalah contoh unik dari pendidikan yang menggabungkan nilai kesenimanan dengan keterampilan teknis di mana para murid juga dipersiapkan untuk berkancah di dunia industri musik. 

"Kami menyambut baik dan mendukung penuh pertunjukan musikal Memeluk Mimpi-Mimpi sebagai hasil kolaborasi antara SMKN 2 Kasihan dengan Titimangsa. Melalui pertunjukan ini, adik-adik murid SMKN 2 Kasihan memperoleh pengalaman langsung mengenai proses penggarapan sebuah pertunjukan musikal, mulai dari kerja artistik sampai kerja manajemen yang dilakukan secara profesional," ujarnya.

"Saya berharap kolaborasi antara SMKN 2 Kasihan dengan Titimangsa menjadi awal mula bagi lebih banyak kolaborasi harmonis yang tercipta antara pendidikan vokasi yang berfokus pada seni dan budaya,” lanjut Nadiem.

Sementara itu, Happy Salma saku Produser sekaligus Direktur Kreatif pertunjukan, berharap konser musikal ini bisa menjadi wadah bagi jiwa-jiwa muda yang ingin menunjukkan bakatnya ke dunia luar. 

"Saya sebagai pribadi yang juga turut larut dalam kebebasan program Merdeka Belajar, merasa bersyukur diberi kesempatan melaksanakan konser musikal ini menjadi kenyataan,” ungkap Happy Salma.

Konser musikal ini akan menghadirkan lagu-lagu klasik yang menjadi kekuatan utama dari SMM Yogyakarta. Lagu-lagu tersebut ditafsir ulang dan dibangun narasi cerita yang mengelilinginya. Selain penampilan dari para siswa dan guru dari SMM Yogyakarta, di konser musikal ini akan menampilkan seniman ternama Tanah Air yang akan berkolaborasi bersama dengan membawakan lagu klasik andalan.

Sejumlah aktor kenamaan Indonesia akan ambil bagian, di antaranya Danu Kusuma, Sherina Munaf, Nyoman Paul, Mawar De Jongh, dan untuk narator Happy Salma dan Ario Bayu, serta menampilkan bintang tamu Isyana Sarasvati, dan Heny Janawati. 

Senada dengan mimpi para siswa-siswi SMM Yogyakarta yang sangat antusias dan bersemangat berlatih untuk konser ini, para aktor dan musisi kenamaan Tanah Air juga merasakan berbahagia dapat berkolaborasi dalam karya ini. Salah satunya Sherina Munaf.

“Menjadi bagian dari pertunjukan yang berkisah mengenai suka dukanya meraih mimpi, membuat aku jadi ikut berkaca pada mimpi-mimpiku sendiri dan generasi penerus kita semua. Sebuah tema yang sangat relevan untuk para teman-teman SMM Jogjakarta yang sebentar lagi akan menghadapi dunia di luar sekolah. Teruslah rawat dan kejar mimpimu," ucapnya.

Antusiasme juga ditunjukkan Mawar De Jongh, yang berperan sebagai Rena. “Senang sekali rasanya bisa menjadi bagian dari pertunjukan konser musikal Memeluk Mimpi-mimpi, karena bermain dalam teater musikal adalah salah satu impian saya sejak dulu".

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait