KPI dan MUI Apresiasi 3 Program TV Terbaik Selama Ramadhan, Apa Saja?

Panditio Rayendra Kamis, 7 Agustus 2014 16:18:00

TABLOIDBINTANG.COM - BULAN Ramadhan telah berakhir. Seperti Ramadhan-Ramadhan sebelumnya, stasiun TV selalu berlomba menayangkan program untuk mendongkrak jumlah penonton. Tak jarang, program Ramadhan justru dianggap tidak layak oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). 

Tahun ini, KPI menegur sejumlah program Ramadhan, di antaranya Pasaur (Trans 7), Assalamualaikum D T3rong (Indosiar) dan Sahurnya Ramadhan (Trans TV). Namun, menurut KPI program Ramadhan tahun ini secara umum lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun ini acara Ramadan di televisi cenderung lebih baik dari tahun sebelumnya. Baik dari segi isi, kemasan, variasi program acara. Tahun lalu acara Ramadan banyak didominasi program acara komedi, sekarang hanya tiga program acara. Program acara lainnya beragam seputar tentang ajaran dan nilai-nilai Islam," kata Ketua KPI Pusat Judhariksawan dalam Halal Bihalal KPI, Kamis (7/8) seperti dilansir situs resminya.

Bersama MUI (Majelis Ulama Indonesia), KPI mengapresiasi program terbaik Ramadhan. Dibagi jadi tiga kategori, Program Terbaik dan Program Baik. Apa saja?

Program Terbaik selama Ramadan
1.  Hafidz Indonesia (waktu malam) – RCTI: Acara kontes hafalan quran dalam hitungan juzz.

2.  Para Pencari Tuhan – SCTV: Sinetron dengan diselingi siraman rohani

3.  Muslim Traveler – Net.: Kisah muslim Indonesia di berbagai belahan dunia


Programa acara kategori baik yang tayang sepanjang Ramadan
1.  Wisata Ziarah – MNC TV: Perjalanan suci menapaki kejayaan Islam dan budaya setiap hari jam 1.30 WIB

2.  1001 Masjid – Global TV: 1001 Masjid membawa pemirsa untuk menjadi saksi kebesaran Islam yang tersebar di seluruh Nusantara. Menelusuri jejak kemegahan arsitektur yang memukau serta menggali lebih jauh budaya yang ada di daerah

3. AKSI Junior – Indosiar: Kontes ceramah dengan kontestan yang masih merupakan anah di bawah umur yang ditayangkan pada pukul 14.30 WIB

4. Mozaik Ramadhan – Trans TV: Ilmu dan pengetahuan seputar gaya hidup dan kehidupan muslim dan muslimah

5. Hafidz Dunia – Trans 7: kehidupan hafidz dari berbagai belahan dunia

6. Sukses Syariah – Metro TV: Kiat sukses secara syariah dikemas dengan format bincang-bincang dan silaturahmi ke unit bisnis syariah

7. Jelang Bedug (Jedug) – TVRI: tausiyah Ramadan

8. Risalah Ramadan – Kompas TV: menayangkan ragam budaya dalam menyambut bulan suci Ramadan dari Sabang hingga pelosok timur Nusantara. Di mana seluruh umat muslim mempersiapkan, melaksanakan, bahkan menutup segala sesuatu yang berkaitan dengan bulan Ramadan dengan penuh nilai-nilai kebudayaan.

9. Buku Harian Muslimah – RTV: Kisah Inspirasi yang mengangkat sosok seorang muslimah yang tinggal di berbagai negara di Eropa. Di mana mereka berjuang untuk terus menanamkan kisah dan kasih secara islami. Mengulas toleransi dan kehidupan damai sebagai minoritas.

10.  Hijab Stories Spesial Ramadhan - TV One: Tanya jawab yang mengupas tentang kisah para wanita yang pada akhirnya memutuskan untuk berjilbab di tengah maraknya godaan dunia yang kadang menuntut wanita untuk tidak menggunakan jilbab. Kisah ini dapat menginspirasi para pemirsa khususnya wanita muslimah.

(ray/yb)

Penulis Panditio Rayendra
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.