Messi Tak Masuk 3 Besar Calon Pemain Terbaik Dunia FIFA

TEMPO | 4 September 2018 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lionel Messi tak masuk dalam tak masuk dalam daftar tiga besar calon peraih Penghargaan Pemain Terbaik dunia versi FIFA untuk pertama kalinya dalam 12 tahun. Tiga posisi finalis diisi Cristiano Ronaldo, Luka Modric, dan Mohamed Salah.

Messi tak masuk dalam daftar itu untuk pertama kalinya sejak 2006. Ia awalnya sempat masuk daftar 10 nominee, bersama Kevin De Bruyne, Raphael Varane, Antoine Greizmann, Eden Hazard, Harry Kane, dan Kylian Mbappe.

Sebelumnya, Ia juga tak masuk dalam daftar tiga besar calon penghargaan Pemain Terbaik Eropa tahun ini. Daftar itu juga diisi Ronaldo, Modric, dan Salah yang kemudian dimenangi Modric.

Kondisi itu tampaknya tak lepas dari prestasi Messi bersama klub dan negaranya. Ia gagal mengantar Barcelona berprestasi di Liga Champions, meski sukses jadi juara La Liga. Di timnas, ia juga gagal membawa Argetina bersaing di Piala Dunia 2018.

Ketiga calon yang terpilih justru sama-sama sukses di Liga Champions. Ronaldo, yang memenangi penghargaan ini untuk dua tahun terakhir, membantu Real Madrid meraih mahkota Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun sebelum kemudian pindah ke Juventus.

Modric, yang juga merupakan bagian dari tim Real yang berjaya di Liga Champions, membawa Kroasia menjadi runner up di Piala Dunia, serta memenangi penghargaan Pemain Terbaik pada turnamen di Rusia tersebut.

Penyerang Mesir Salah menyumbang 44 gol untuk Liverpool pada musim lalu, membantu klub Inggris itu mencapai final Liga Champions di mana mereka dikalahkan Real.

Kapten Prancis saat mereka menjuarai Piala Dunia Hugo Lloris bersaing untuk Penghargaan Kiper Terbaik, bersama pemenang Sarung Tangan Emas Thibaut Courtois, dan kiper Denmark Kasper Schmeichel.

Mantan pelatih Real Madrid Zinedine Zidane, pelatih Prancis Didier Deschamps, dan pelatih Kroasia Zlatko Dalic masuk daftar kandidat Pelatih Terbaik.

Gelar Pemain Terbaik putri akan diperebutkan oleh dua pemain Olympique Lyonnais Ada Hegerberg dan Dzsenifer Marozsan, yang menjalani musim tanpa menelan kekalahan di liga dan mengangkat trofi Liga Champions putri, serta kapten Brazil yang membawa timnya menjuarai Piala Amerika Putri, Marta. Upacara pemberian penghargaan akan berlangsung di London pada 24 September.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait