Sandflower, Penyanyi Hip Hop Asal New York Jatuh Cinta pada Gamelan Bali

Ari Kurniawan | 10 September 2018 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penyanyi dan pencipta lagu musik indie Hip-Hop asal New York, Sandflower, kembali meluncurkan single terbaru berjudul Oceans. Single ini berbeda dibanding sebelumnya, karena untuk pertama kalinya Sandflower bekerjasama dengan musisi Indonesia, Hendra Ganarto, dari group DuaPercussion. 

Kerjasama produksi musik ini pertama kali digagas oleh Maya Naratama, pengarah kreatif, produser dan founder dari Acha Productions di New York. Gagasan ini muncul saat manajemen Sandflower, Anton Darmawan, memperdengarkan kepada Maya beragam single dari Sandflower yang setiap lagu mempunyai sentuhan musik dan alur nada yang berbeda. Maya kemudian menggagas kolaborasi dengan DuoPercussion, yang karya musiknya banyak menggunakan instrumen musik tradisional, termasuk gamelan. 

“Ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk musisi Indonesia masuk ke industri musik Amerika. Melalui musik, para musisi dari dua negara ini dapat mengeksplorasi, berkreasi, dan mencipta musik yang dapat diterima secara internasional,” jelas Maya selaku Project Manager sekaligus Public Relations untuk kolaborasi ini, dalam keterangan persnya.

Sandflower dan David Sisko, produser musik New York yang mengaransemen seluruh album dari 
Sandflower, menyukai aransemen DuoPercussion. David Sisko tertarik untuk memasukkan unsur suara gamelan Bali yang dibuat oleh DuoPercussion, selain unsur perkusi yang menjadi ciri dari grup ini. 

“Sandflower dan saya sangat bersemangat menggabungkan gamelan tradisional dari aransemen DuoPercussion ke dalam lagu Oceans ini. Ini sangat menarik secara sonic, dan bisa digunakan untuk semua jenis musik. Gamelan mempunyai ciri yang perkusif, keras, tenang, menenangkan dan menarik," ujar David, yang pernah bekerjasama dalam album-album musisi dunia, seperti Duran-duran, Kelly Clarkson, Julian Lennon, dan Justin Timberlake.

Setelah melalui proses produksi musik digital selama kurang lebih 6 bulan, single Oceans, yang dinyanyikan Sandflower featuring DuoPercussion siap diluncurkan. 

Tidak hanya gamelan Bali saja yang digunakan Sandflower. Sebagai sentuhan akhir untuk cover single lagu Oceans ini,  Sandflower memakai baju couture rancangan desainer Bali, Shinta. Single Oceans sudah dapat diunduh  melalui Spotify, Soundcloud, iTunes, Google Play, dan lain-lain.

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait