KPI: Tidak Ada Reality Show yang Benar-benar Real di TV

Ari Kurniawan | 24 Oktober 2018 | 08:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejumlah tayangan reality show di televisi dicurigai mengandung unsur rekayasa. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat pun menerima sejumlah aduan terkait hal ini. 

KPI lantas menindaklanjutinya dengan meminta keterangan langsung dari pihak stasiun. Hasilnya cukup mengejutkan. 

"Sudah pernah kita diskusikan, bahwa tidak ada yang benar-benar real di televisi, apalagi reality show. Mereka bilang, 'kami tidak ada yang betul-betul real, yang ada itu adalah drama reality'," kata Hardly Stefano, Komisioner KPI Pusat, di kantornya, Selasa (23/10).

Drama reality, lanjut Hardly, merupakan tayangan yang diilhami dari kejadian yang ada di tengah masyarakat. Cerita asli lantas diramu sedemikian rupa hingga jadi tontonan yang menarik.

"Faktanya, tokohnya, benar ada, tetapi sudah didramatisasi. Sudah ada proses penggambaran lagi, sehingga menimbulkan kesan seakan-akan real," urainya. 

KPI tidak menganggap hal itu sebagai pelanggaran yang bisa berbuah sanksi. KPI sepenuhnya menyerahkan kepada masyarakat untuk lebih cermat dalam memilih tontonan. 

"Maksudnya gini, kalau masyarakat makin cerdas, makin mandiri memilah, jangan jadi masyarakat yang manja, dikit-dikit minta KPI yang negur. Kalau masyarakatnya dewasa dan selektif, otomatis kok tayangan kita akan menuju yang lebih baik," pungkas Hardly. 

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait