16 Seniman Bergabung untuk Dukung Kampanye Antikekerasan

Supriyanto | 17 November 2018 | 16:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Enam Belas Film Festival (16FF) kembali digelar untuk berpartisipasi dalam kampanye global antikekerasan berbasis gender dan seksual.

Enam belas aktris dan seniman pun ikut terlibat dalam 16FF. Mereka adalah Ananda Sukarlan, Ayushita, Chicco Kurniawan, Dea Panendra, Dena Rachman, Hannah Al Rasyid, Ichsan Akbar, Karina Salim, Lukman Sardi, Melissa Karim, Putri Ayudya, Richard Kyle, Shaloom Razaade, Tara Basro, Tatyana Akman, dan Wulan Guritno.

Wulan Guritno mengungkap alasan mengapa banyak aktris dan seniman mau bergabung dalam festival ini.

"Pastinya satu. Diajak melakukan sesuatu yang positif pasti disisihkan waktunya. Terus kadang korban kekerasan susah bersuara karena merasa sendiri. Atau korban sudah bersuara tapi lingkungannya yang tutup mulut. Mungkin dengan adanya gerakan seperti ini, pelan-pelan kita semua makin paham makin nggak sendiri," ungkap Wulan Guritno di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/11).

Ayusitha menambahkan, tujuan adanya 16FF untuk mensosialisasikan kepada keluarga dan semua masyarakat untuk selalu waspada dan saling menolong korban kekerasan.

"Selain itu gunanya untuk keluarga atau teman teman dekat korban harus lebih membuka telinganya untuk menerima semua keluh kesah dan jadi support system yang baik. Karena yang dibutuhkan para korban adalah support system, berikutnya bantuan LSM atau acara seperti ini," tambah Ayushita.

Tak hanya perempuan, Richard Kyle juga merasa nuraninya tergerak untuk mengikuti gerakan yang juga diselenggarakan bersama Kalyana Shira Foundation dan 100% Manusia Film Festival.

"Aku percaya tentang rasa kemanusiaan di setiap orang. Menurutku penting bagi para pria untuk mendukung gerakan ini. Saya benar-benar percaya kita memiliki rasa kemanusiaan itu," pungkas Richard Kyle.

(pri/bin)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait