Rekor Pertemuan Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF, Total 14 Gol Tercipta

Indra Kurniawan | 27 Desember 2021 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Timnas Thailand berhasil menahan imbang Timnas Vietnam pada Semifinal Leg 2 Piala AFF 2020. Hasil tersebut sudah cukup membawa Thailand ke Final untuk berhadapan dengan Timnas Indonesia. 

Bagi Indonesia, Thailand bukan lawan asing lagi. Dari tiga kali pertemuan di Final, selalu berakhir dengan kekalahan bagi Tim Garuda sehingga harus puas jadi runner up. Apakah di Final yang akan dihelat 2 kali pada 29 Desember dan 1 Januari 2022, Indonesia mampu menyebut gelar juara? Semoga.

Tabloidbintang.com merangkum tiga final yang pernah dilakoni Indonesia dengan Thailand di Piala AFF.

1. Piala AFF 2000

Dihelat di Thailand, edisi ketiga Piala AFF menjadi ajang pamer kekuatan tim Negeri Gajah Putih. Dari lima laga yang dimainkan sepanjang turnamen, Thailand menyapu bersih, termasuk membantai Indonesia di partai puncak dengan skor 4-1. Skor yang sama dengan saat kedua tim bertemu pada babak penyisihan Grup A. 

2. Piala AFF 2002

Untuk kali kedua, Indonesia berhadapan dengan Thailand di Final Piala AFF. Berstatus juara bertahan, Thailand mengatasi perlawanan Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta dengan skor 2-4 melalui drama adu penalti. Sebelumnya kedua tim bermain sama kuat 2-2 dalam 90 menit babak normal. Adalah Sugiyantoro dan Firmansyah yang gagal menyelesaikan tugasnya dari titik 12 pas.

3. Piala AFF 2016

Berhadapan kembali dengan Thailand, Indonesia harus mengubur impian menjadi juara setelah kalah agregat 3-2. Sempat menang 2-1 pada leg pertama, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand 2-0 pada leg kedua. Presiden Joko Widodo padahal menjanjikan bonus Rp 12 miliar untuk seluruh pemain Timnas Indonesia, jika berhasil menjuarai Piala AFF 2016. (Ind/ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait