Cemburu dengan Kehidupan Asmara Orang Lain Hanya Akan Memberi Dampak Negatif

Redaksi | 26 November 2022 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Cemburu adalah perasaan yang melibatkan beberapa emosi, seperti rasa takut, marah, dan curiga. Biasanya, cemburu berkaitan dengan relasi yang melibatkan emosional, seperti ke pasangan atau ke anggota keluarga inti. 

Rasa cemburu adalah perasaan kompleks yang memicu timbulnya berbagai emosi, mulai dari curiga, marah, takut, hingga malu. Perasaan ini bisa dialami siapapun baik itu tua atau muda, laki-laki maupun perempuan.

Kadang Anda merasa cemburu melihat kemesraan pasangan lain yang terlihat lebih sempurna di media sosial. Hingga tak jarang Anda berusaha mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan bersama, bahkan meniru lika-liku kehidupan asmara mereka. 

Perasaan cemburu biasanya datang saat ada orang ketiga yang datang dan dirasa dapat mengganggu kestabilan hubungan Anda dengan sesuatu yang dicintai. “Ancaman” yang keluar dari orang ketiga ini pun sebenarnya tidak selalu nyata.

Tidak melulu soal percintaan, rasa cemburu juga bisa terjadi dalam hubungan pertemanan, saudara, hingga pekerjaan atau hubungan profesional.

Terapis pernikahan dan keluarga sekaligus pendiri klinik terapis keluarga, Building Healthy Relationships, AS, Anita Astley, M.ED, LMFT., mengatakan, Jika Anda terus membandingkan kehidupan asmara Anda dengan kehidupan percintaan pasangan lain, perlahan-lahan hubungan asmara Anda bisa mengalami keretakkan. 

“Sebenarnya jika pasangan merasa bahagia dengan kebersamaan yang mereka miliki, seharusnya  tidak ada lagi perasaan iri pada pasangan lain. Ketika Anda mulai melihat dan membanding kehidupan asmara Anda dengan kehidupan pasangan lain,  artinya Anda harus memasang bendera merah untuk hubungan internal Anda. Ini mengindikasikan adanya keinginan  atau kebutuhan yang mungkin  belum terpenuhi dalam hubungan yang tengah Anda jalin dengan si Dia,” ujar Anita.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait