Mengenal Flu Perut, Gangguan Kesehatan yang Muncul Usai Masa-masa Liburan

Supriyanto | 8 April 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Momen liburan panjang sering dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk melakukan perjalanan jauh atau rekreasi ke berbagai tempat hiburan. Pada saat-saat seperti ini, kontrol terhadap kesehatan biasanya menurun.

Selain jadi kurang memerhatikan kualitas asupan makanan, faktor kebersihan juga sedikit terabaikan. Liburan yang sedianya menyenangkan pun terpaksa ditutup dengan kemalangan akibat munculnya beragam gangguan kesehatan.

Salah satu gangguan kesehatan yang umum terjadi, yakni flu perut atau gastroenteritis. Dan ini biasa dialami anak-anak yang memang lebih rentan terhadap penyakit yang berkaitan langsung dengan makanan. 

Flu perut itu sendiri yaitu suatu kondisi peradangan di area perut dan usus yang disebabkan infeksi bakteri, virus, parasit, hingga racun. Penularannya terjadi melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, tangan yang tidak dicuci dengan benar setelah buang air kecil dan besar di toilet umum, dan kontak erat dengan orang yang terinfeksi.

Beberapa gejala yang muncul saat seseorang mengalami flu perut, antara lain:

- Diare 

Biasanya sangat cair dan kadang mengandung darah jika penyebabnya adalah bakteri. 

- Mual

Kadang muntah-muntah atau keduanya, mual dan juga muntah-muntah. 

- Nyeri perut

Perut terasa kram dan kehilangan selera makan akibat diare dan muntah-muntah.

- Dehidrasi

Kulit kering, bibir pecah-pecah, merasa sangat haus dan pusing. 

- Ketidakseimbangan elektrolit

Hal ini sebagai dampak diare dan muntah-muntah berlebihan hingga kekurangan cairan. Jika penderita flu perut adalah anak-anak yang masih sangat kecil, kondisi ini dapat berujung kematian jika tidak ditangani serius. 

- Demam, sakit kepala, panas dingin, pegal-pegal dan merasa lelah. 

Jika penyebab flu perut adalah virus, maka gejala sakit yang muncul akan mirip dengan sakit flu biasa. Ini menyebabkan orang tua sering salah diagnosa dan salah pengobatan. Bawa anak ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih akurat.

Selain memeriksakan ke dokter dan mendapatkan pengobatan yang tepat, ketika anak mulai menunjukkan gejala-gejala flu perut, hindari memberi anak minuman susu, makanan berminyak dan pedas. Cukup perbanyak minum air putih yang proses pematangannya dengan cara dididihkan selama 3 menit, minuman elektrolit, dan makan makanan yang dimasak sempurna. Hindari juga jajanan yang tidak terjamin kebersihannya. 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait