Atasi Nyeri Punggung dengan 5 Cara Ini

Mentari Chairunisa Kamis, 24 Januari 2019 14:15:41
Nyeri punggung adalah masalah yang sering dialami hampir semua orang. (Foto: www.freepik.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Nyeri punggung adalah masalah yang sering dialami hampir semua orang. Biasanya nyeri dirasakan di sepanjang tulang belakang, mulai dari leher hingga tulang ekor. 

Nyeri punggung umumnya disebabkan karena tulang belakang yang terkilir atau tegang saat melakukan kebiasaan sehari-hari, misalnya terlalu lama duduk dengan postur yang salah atau mengangkat benda dengan posisi yang tidak benar.

Adanya masalah pada ruas tulang belakang dengan jaringan di sekitarnya, seperti otot, tendon, ligamen, atau saraf juga bisa menyebabkan nyeri punggung.

Bila nyeri punggung terasa, tentunya akan mengganggu aktivitas yang dijalani. Namun jangan khawatir, Anda bisa melakukan cara ini supaya nyeri punggung dapat teratasi.

Foto: www.freepik.com
Foto: www.freepik.com

Lakukan Olahraga Ringan

Cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung adalah olahraga. Lakukan olahraga ringan, seperti plank, stretching, atau yoga. Jalan cepat dan berenang juga bisa membantu mengatasi nyeri punggung.

Ahli Chiropractic adal New Jersey, Robin Lustig mengatakan dengan melakukan olahraga ringan maka otot dan sendi akan bergerak, tulang belakang pun akan terbebas dari rasa tegang atau kaku. 

Mengompres Punggung

Bila nyeri punggung sangat terasa menyakitkan, cobalah untuk mengompres punggung bagian bawah Anda. Gunakan handuk yang telah direndam di air hangat, botol berisi air hangat, atau bantal pemanas untuk mengompres. Disarankan suhunya antara 40-50 derajat Celcius dan kompres selama kurang lebih 20 menit. Mengompres berguna untuk meredakan nyeri otot atau sendi pada area punggung.

Perbaiki Postur Tubuh

Jangan membiasakan diri untuk membungkuk, baik itu saat berjalan atau sedang duduk. Jika Anda bekerja dengan komputer selama berjam-jam, coba taruh bantal di antara punggung bawah dengan kursi. Pastikan postur tubuh Anda tetap lurus. Sesekali jangan lupa lakukan stretching atau berdiri setidaknya tiap 20 menit.

Selektif Mengonsumsi Makanan 

Nyeri pinggang bisa lebih parah jika Anda tidak selektif memilih makanan. Sebaiknya hindari makanan pedas dan fast food yang dapat mengganggu saraf dan berimbas pada nyeri punggung. Coba perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar, daging rendah lemak seperti ikan atau ayam, produk olahan susu, dan juga makanan olahan gandum.

Perhatikan Posisi Tidur

Nyeri punggung biasanya terasa sangat sakit saat bangun tidur. Itu artinya ada yang salah dengan posisi tidur Anda. Tidur dengan posisi tengkurap jadi penyebab nyeri punggung yang paling sering. Cobalah tidur telentang dengan posisi tubuh lurus dan taruh bantal di bawah lutut Anda. Anda juga bisa tidur dengan posisi menyamping dengan meringkuk atau memeluk guling.
    
Kualitas kasur juga jadi faktor penyebab masalah nyeri punggung. Kasur yang terlalu empuk tidak bisa menopang tubuh dengan sempurna, sementara bila terlalu keras maka punggung bagian bawah juga tidak bisa disokong dengan baik.
    
Pilih Airland Chiropedic Qi yang mampu menyokong bagian punggung dan sumsum tulang belakang Anda dengan baik. Kepadatan busa serta adanya chiropedic support system membantu Anda memperoleh postur tubuh ideal serta menjaga kesehatan tulang punggung.
    
Tak hanya itu, Airland Chiropedic Qi juga terbuat dari bahan alami serta anti debu dan tungau sehingga aman bagi penderita asma dan alergi. Kasur ini dilapisi kain ion Argentum+ yang bersifat anti bakteri sehingga tidur Anda pun semakin nyaman. 

Penulis Mentari Chairunisa
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.